Mohon tunggu...
Safira Nurlita Syarif
Safira Nurlita Syarif Mohon Tunggu... Guru - firasyarif06

AYOLAH BERJUANG KESUKSESAN TIDAK DATANG BEGITU SAJA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Fungsi dan Manfaat Alat Permainan Edukatif

21 September 2021   21:52 Diperbarui: 21 September 2021   22:05 24 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fungsi dan Manfaat Alat Permainan Edukatif
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo sahabat setia mimin, ketemu lagi bersama mimin. Kali ini ilmu yang akan mimin bagikan kepada kalian semua calon orang tua ataupun yang sudah menjadi orang tua. Ilmu kita kali ini masih seputar anak yakni apasih manfaat yang bisa anak ambil dari alat permainan edukatif, apakah dengan alat permainan edukatif itu bisa membantu anak dalam perkembangannya, jawabannya tentu akan kita ketahui bersama. Enjoy!

Saat anak melakukan pembelajaran, tentu saja anak tidak hanya dituntut untuk mendengarkan apa yang diajarkan gurunya. Karena kita semua tentu tahu bahwa cara anak usia dini belajar itu berbeda dengan orang dewasa yang hanya dengan membaca kita sudah mulai memahami apa maksud dari pembelajaran tersebut. 

Namun, anak-anak itu mereka akan lebih suka belajar dan mudah untuk memahami sesuatu apabila dalam pembelajarannya mereka disuguhi dengan alat-alat permainan yang dimana ini akan membangkitkan semangatnya dan membuat anak lebih suka untuk melakukan aktifitas belajar yang tentunya dengan cara bermain, karena belajarnya anak itu adalah bermain.

Sebagai orangtua ataupun pendidik kita harus tahu bahwasannya anak yang masih berusia dini itu merupakan usia yang dimana dalam proses belajarnya anak harus merasakan pembelajaran yang dilakukan secara nyata seperi mengajak anak berkebun untuk melihat berbagai macam tubuhan yang ada dikebun tersebut agar anak juga tahu kalau sayur sawi itu bentuknya seperti apa, wortel itu bentuknya seperti apa ataupun lainnya. 

Karena, apabila kita hanya menjelaskan pada anak-anak kalau sayur sawi itu bentuknya bulat dan berwarna hijau tanpa memperlihatkan bentuk aslinya kepada anak maka itu akan membuat anak akan kebingungan dengan apa yang dijelaskan guru tersebut. 

Jikalau kita tidak sempat mengajak anak ke kebun mungkin kita bisa menggunakan alat permainan yang menunjukan bentuk-bentuk sayuran seperti kartu yang terdapat gambar sayuran atau lain sebagainya juga sangat membantu anak. Ini dikarenakan anak-anak itu daya berfikirnya masih belum bisa untuk menggambarkan sesuatu yang abstrak atau belum terbayang olehnya.

Maka dari itu agar dapat memudahkan anak dalam proses belajarnya. Anak membutuhkan media belajar yang tentunya bermanfaat untuk anak guna membantu anak aspek perkembangan pada anak baik kognitif, sosial-emosional, moran agama, seni, bahasa fisik motoric dan lainnya. Media yang bisa digunakan yakni alat permainan yang edukatif.

Alat Permainan Edukatif (APE) sendiri adalah alat permainan yang bisa digunakan anak untuk menjadi media hiburannya namun juga sebagai media belajanya. Alat permainan ini sangat cocok digunakan untuk anak usia dini guna mengembangkan aspek yang menjadi target dalam perkembangan anak usia dini sendiri.

Klasifikasi Alat Permainan Edukatif

Dalam mengenal lebih jauh tentang Alat permainan edukatif maka perlu untuk kita ketahui mengenai klasifikasi  umun mengenai media pembelajaran yang dikemukakan oleh ;

  • Seels dan juga Glasgow yang dimana terdapat kategori mengenai media pembelajaran yang lebih simple yaitu media tradisional. Pada media tradisional ini terdapat beberapa jenis juga yang penting untuk kita ketahui yaitu visual diam yang di proyeksikan, visual yang tidak diproyesksikan, audio, penyajian multimedia, visual dinamis, cetak, permainan dan juga relia. Kemudian media yang kedua adalah media teknologi mutakhir yaitu media yang berbasis pada telekomunikasi ini seperti kuliah yang sedang kita rasakan saat ini yaitu kuliah jarak jauh yang dimana kita melakukan pembelajaran jarak jauh, dan juga media berbasis mikrosprosesor.media ini tentunya sudah jaug lebih modern dibandingkan dengan media tradisional namun tetap memiliki manfaat yang sama walaupun tiap media sebenarnya terdapat kekurangannya.

Dari berbagai media tersebut maka kita dapat mengetahui bahwasannya APE sendiri merupakan media yang bisa berupan media tradisonal ataupun media yang lebih mengandalkan teknologi saat ini. Dari kedua media tersebut tentunya memiliki satu tujuan yaitu membantu dalam proses belajar hanya saja ini tergantung pada kita mau menggunakan media apa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan