Mohon tunggu...
Firas NurLatifah
Firas NurLatifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Hallo semuanyaa^^ Perkenalkan saya Firas Nur Latifah Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI 2022 Kelompok 20A Kelurahan Isola: Tingkatkan Mutu Penjualan UMKM dengan DUIT dan DO IT

10 Agustus 2022   00:25 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:31 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama Ibu-Ibu PKK dan Ibu-Ibu UMKM/dokpri

KKN UPI

Bandung, 10 juli 2022--Universitas Pendidikan Indonesia melepas 7.089 mahasiswa-nya untuk melakukan kegiatan kuliah kerja nyata. Tema KKN yang diangkat di tahun 2022 yaitu dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's. Mahasiswa dibagi menjadi 149 kelompok besar dengan jumlah anggota 30 orang, pembagian kelompok disesuaikan dengan domisili mahasiswa ketika mengisi data pada laman LPPM UPI. 

SDG's desa mengajukan 18 pokok program yang merujuk pada kearifan lokal, LPPM UPI sudah membagi program untuk setiap kelompok sesuai dengan kebutuhan wilayah. Penulis pada hal ini mendapatkan pembagian wilayah di kota Bandung, tepatnya di kelurahan Isola yang masih satu wilayah dengan Kampus UPI Bumi Siliwangi. 

Kelompok 20 dengan DPL Dra. Lilis Komariyah, M.Pd mendapakan tema "Desa Tanpa Kesenjangan" yang dibagi menjadi kelompok kecil 4 kelompok dengan anggota 7-8 orang. Desa Tanpa Kesenjangan menawarkan 8 subtema antara lain:

  • Rasio/Koefesien Gizi Desa.
  • Penduduk dibawah garis kemiskinan menurut jenis kelamin dan kelompok umur. 
  • Kepedulian masyakarakat tentang status sosial dan ekonomi masyarakat.
  • Tingkat kemiskinan desa
  • Status perkembangan Desa A (setara mandiri). 
  • Indeks kebebasan sipil 
  • Jumlah pekerja peserta BPJS ketenagakerjaan.

Dari 8 subtema yang ditawarkan kelompok kecil khususnya kelompok 20A memilih subtema "Tingkat Kemiskinan Desa".

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan salah satu faktor masalah yang masih sering dijumpai di lingkungan masyarakat kita. Kesenjangan sosial sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat baik antar personal maupun kelompok.

Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kesenjangan memiliki arti ketidakseimbangan, perbedaan, dan juga jurang pemisah yang hadir dalam tatanan masyarakat.

Kesenjangan dalam bidang ekonomi sangat jelas terlihat sebab hal ini bisa dilihat hanya dari tingkat penghasilan dan pekerjaan seseorang. ketika tingkat kemiskinan dalam satu desa masih tinggi maka kesenjangan sosial dalam bidang ekonomi semakin terlihat.

Observasi Dan Sosialisasi 

Kelurahan Isola merupakan sebuah wilayah yang berada ditengah kota dan  kampus ternama di Kota Bandung. kelompok 20A meminta rekomendasi dan arahan kepada kelurahan untuk selanjutnya di tempatkan di wilayah RW yang sesuai dengan Tema dan Subtema Kelompok. 

Pihak Kelurahan Isola merekomendasikan wilayah RW. 06 untuk menjadi tempat pengabdian selama kurang lebih 1 bulan dalam kegiatan kuliah kerja nyata. 

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kelurahan kelompok 20A melakukan serangkaian perizinan terhadap Ketua RW.06 yaitu Bapak Endang Nandang yang menyambut dengan baik mahasiswa UPI dan memberi arahan serta kebebasan kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian 

Perizinan Kepada Ketua RW/dokpri
Perizinan Kepada Ketua RW/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan