Mohon tunggu...
Fiqih Inayah
Fiqih Inayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tingginya Angka Penyakit Diabetes di Indonesia

6 Desember 2022   18:15 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:23 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum kita menyimak lebih dalam mengenai penyakit diabetes ini, perlu diketahui bahwa penyakit Diabetes merupakan penyakit berbahaya nomor 5 di dunia. Hah! kenapa bisa seberbahaya itu sampai menduduki posisi ke 5 sebagai penyakit mematikan di dunia. Nah.. daripada penasaran mari kita bahas.

Diabetes adalah kondisi di mana kandungan gula dalam darah melebihi normal dan cenderung tinggi. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh. 

Kadar gula (glukosa) dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang berisiko mengancam nyawa penderitanya.

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa pandang umur baik dari yang tua maupun yang muda. Umumnya penyakit ini bisa disebabkan oleh tiga tipe yaitu tipe pertama bawaan dari lahir (Genetik), tipe kedua karena faktor pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar gula yang tinggi dan banyak mengandung lemak seperti makanan cepat saji (Junkfood) dan tipe ketiga yaitu diabetes gestasional terjadi pada saat hamil.

Diabetes sendiri merupakan Penyakit yang paling berbahaya dan Mematikan di dunia. Pada 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20 - 79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik. 

Dilansir dari Data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi sebanyak 10,3 juta jiwa. Jika tidak ditangani dengan baik, World Health Organization (WHO) bahkan mengestimasikan angka kejadian diabetes di Indonesia akan melonjak sangat drastis 21,3 juta jiwa pada tahun 2030.

Di era yang makin canggih dan simpel ini, berbagai makanan dan minuman sangat mengunggah selera khususnya bagi kaum remaja. Tetapi dibalik semua rasa yang enak dan menggunggah tersebut terdapat kadar gula yang sangat tinggi serta berbagai macam campuran bahan bahan yang tidak jelas kandungan vitamin dan manfaat nya dalam makanan yang bisa saja dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis serius di kemudian harinya seperti penyakit diabetes ini. 

Orang orang lebih memilih makanan dan minuman karena harganya murah dan rasanya yang enak tanpa tahu resiko apa yang akan dihadapi kedepannya.
sebelum kita terkena penyakit diabetes yang mematikan ini perlu kita ketahui gejala gejala apa sajakah yang di timbulkannya. Seperti pembahasan dibawah ini.

Berikut Gejala - gejala penyakit diabetes yang sering dialami penderitanya, seperti:

  • Penurunan Berat badan yang signifikan.
  • Sering buang air kecil.
  • Banyak makan dan minum.
  • Gatal -- gatal.
  • Penglihatan kabur.
  • Sangat gampang terkena infeksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun