Mohon tunggu...
Fionica May Sandi
Fionica May Sandi Mohon Tunggu... KKN UNDIP 2020

Mahasiswa KKN UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Bosan "Stay at Home" Saat Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Membuat Taman Tanaman Empon-empon di Desa Glodogan

14 Agustus 2020   15:38 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:17 8 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bosan "Stay at Home" Saat Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Membuat Taman Tanaman Empon-empon di Desa Glodogan
Sumber: dok. pribadi

Glodogan, Bawen (14/8), Di Tengah Pandemi Covid-19, Universitas Diponegoro tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Periode 2020 pada 5 Juli sampai dengan 15 Agustus 2020 dengan mengusung tema "Pemberdayaab Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)" dengan konsep KKN Pulang Kampung.

Sejak merabaknya wabah Covid-19 di Indonesia, masyarakat dihimbau untuk tinggal dirumah saja dan meminimalisir aktivitas di luar rumah, termasuk para pekerja dan anak sekolah. Pembatasan aktivitas membuat warga terkhusus anak-anak hingga remaja di Desa Glodogan merasa bosan. Fionica, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020 mengajak warga membuat taman tanaman empon-empon dan tanaman hias untuk mengatasi rasa bosan di tengah pandemi Covid-19.

Tahap pertama dilakukan penyusunan rak tambulapot menggunakan bambu dan besi serta penyusunan saluran perairan untuk menyiram tanaman. Tahap kedua dilakukan penyiapan media dan pupuk dari kotoran ternak yang dimiliki warga. Kemudian, dilakukan penanaman bibit tanaman empon-empon, sayuran dan tanaman hias di polybag. Tambulapot kemudian disusun pada rak yang telah disiapkan. Mahasiswa juga menginformasikan cara perawatan tanaman yang baik dan benar, mahasiswa juga membuat jadwal penyiraman tanaman 2hari sekali per Dawis baik oleh ibu-ibu, bapak-bapak maupun remaja karangtaruna.

"Ide pembuatan taman ini sangat inovatif. Setelah suntuk dan bosan seharian belajar atau bekerja dari rumah, warga dapat keluar rumah dan menikmati kesegaran dari taman. Warga juga dapat menambah aktifitas baru sepertu menanam, menyiram dan memetik hasil dari taman ini. Adanya taman ini dimasa pandemi Covid-19 seperti ini sangatlah membantu".- ujar Minarsih, warga RT 05 desa Glodogan

Oleh : Fionica May Sandi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x