Mohon tunggu...
Finpedia
Finpedia Mohon Tunggu... Mitra Finansial Bagi Kita Semua

Didirikan pada awal tahun 2020, Finpedia mengusung visi sebagai mitra finansial bagi seluruh khalayak. Perusahaan berkomitmen untuk membuka akses keuangan bagi masyarakat umum dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) seluas-luasnya dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan. Kami di Finpedia mengedepankan integritas, inovasi dan kerjasama tim untuk memberikan solusi finansial yang tepat bagi semua.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online

7 Desember 2020   16:28 Diperbarui: 7 Desember 2020   16:32 78 2 0 Mohon Tunggu...

Aplikasi pinjaman online saat ini mudah ditemukan di Apple Play Store dan Google Play Store. Namun sebelum menggunakan pinjaman online, Anda wajib mengetahui syarat dan ketentuan pinjaman online agar mendapatkan pengalaman yang nyaman. Pengguna pinjaman online sebaiknya memiliki pengalaman meminjam sebelumnya baik itu dari pinjaman konvensional seperti kartu kredit, KTA, dan sebagainya.

Berikut ini adalah tips menggunakan pinjaman online secara baik dan benar:

  1. Bandingkan beberapa lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman online. Cek dan pilih yang memberikan keuntungan lebih.
  2. Pastikan lembaga keuangan tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK. Cek apakah sudah benar terdaftar di website OJK  sebelum melakukan transaksi peminjaman.
  3. Cek dengan detail produk pinjaman tersebut seperti: berapa suku bunga harian atau bulanan? Jumlah pinjaman yang dapat diajukan, bunga telat bayar per hari atau bulan, jangkauan area layanan. 
  4. Cari tahu apakah ada biaya-biaya lain seperti: administrasi, biaya pelunasan lebih awal, denda keterlambatan, biaya tersembunyi.
  5. Menyiapkan dokumen-dokumen yang penting: KTP / Paspor, ijin usaha, agunan berupa sertifikat, rumah, kendaraan bermotor, dan sebagainya.
  6. Pastikan kemampuan anda melunasi pinjaman tersebut. Gunakan kalkulator pinjaman di Finpedia untuk mengetahui jumlah yang wajib dilunasi per harian atau bulanan. Selain simulasi pinjaman juga tersedia simulasi KPR dan simulasi KTA.
  7. Baca teliti seluruh syarat dan ketentuan sebelum melakukan peminjaman: syarat umur, biasanya antara 21-55 tahun. Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA).
  8. Bandingkan dengan produk pinjaman lain untuk mengetahui suku bunga yang lebih menarik atau tenor pinjaman yang bisa diperbesar.
  9. Setelah itu ajukan sekarang pinjaman yang cocok untuk berbagai kebutuhan keuangan anda.
  10. Terima persetujuan dan konfirmasi pinjaman. Beberapa pinjol akan menggunakan jasa kurir yang membawa dokumen untuk anda tanda tangan. Status pengajuan dapat dipantau di aplikasi.
  11. Apabila memenuhi semua syarat dengan baik, maka dana akan dicairkan ke rekening dalam beberapa hari kerja.

Bijaklah menggunakan pinjaman online agar tidak menemui hambatan ketika akan melakukan proses pelunasan.

VIDEO PILIHAN