Mohon tunggu...
Finny Rohaeni
Finny Rohaeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

KKN Tematik MDBPE-MBKM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Penguatan kepada Guru SDN 254 Griya Bumi Mengenai Pembuatan Media Pembelajaran Daring

24 Juli 2021   12:57 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:30 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lingkungan SDN 254 Griya Bumi Antapani Bandung/dokpri

Corona Virus Desease atau Covid-19 adalah virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan sampai gejala berat. Covid-19 merupakan virus baru yang menyebar ke seluruh dunia. Selain itu, penyakit ini belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Tanda tanda umum apabila terkena virus ini, yaitu mengalami demam, gangguan pernapasan seperti sesak napas, sakit tenggorokan, batuk, flu, dan mengalami letih serta lesu.

Pada masa pandemic Covid-19 ini, banyak sekali kendala-kendala yang terjadi. Bukan saja perihal ekonomi,Kesehatan, dsb tetapi Pendidikan pun sangat terhambat. Banyak sekali yang mengeluh, bukan saja peserta didik, tetapi orang tua murid pun mengeluh. Seperti keluhan-keluhan yang terjadi terhadap beberapa murid yang saya tanya langsung, yaitu kendalanya seperti banyak materi yang tidak paham, tidak bisa bertemu dengan teman-teman, membosankan, mengerjakan tugas pun banyak yang tidak paham. Selain itu, keluhan dari para orang tua pun yaitu sulitnya mengajarkan kepada anaknya dalam materi yang diberikan oleh gurunya, selain itu menghambat pekerjaan rumah yang seharusnya dikerjakan. Dengan begitu, inilah tugas para guru dalam memberikan pembelajaran, yang seharusnya bisa dimengerti oleh para siswa, dan tidak banyak merepotkan orang tua.

Pertemuan dengan beberapa siswa/dokpri
Pertemuan dengan beberapa siswa/dokpri

Dimasa pandemic seperti ini, orang tua tetap harus menjadi peran utama dalam pembelajaran bagi anak-anaknya. Karena kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, anak- anak akan lebih banyak melakukan kegiatan di rumah dan di lingkungan sekitar. Dalam menyikapi hal-hal tersebut, Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Di Sumedang hadir dengan sebuah program Kuliah Kerja Nyata yang bertema “ Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi “ atau bisa di singkat dengan ( KKN Tematik MDBPE-MBKM ). Maka dari itu, fokus utama dari program KKN ini dengan mengambil kegiatan membangun desa melalui pendidikan. KKN Tematik ini dilaksanakan mulai tanggal 1-30 Juli 2021. Pelaksanaan kegiatan Penguatan Pembelajaran Kepada Guru SDN 254 Griya Bumi Antapani Bandung Mengenai Pembuatan Media Pembelajaran Daring Untuk Peserta Didik dilaksanakan di Aula SDN 254 Griya Bumi Antapani Bandung.

Pembelajaran BDR atau biasa disebut “Belajar Dari Rumah” merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh para guru di SDN 254 Griya Bumi Antapani Bandung. Dalam pembelajaran BDR ini, para guru biasa memberikan materi pembelajaran melalui modul, dan video youtube. Dengan adanya kegiatan mahasiswi UPI yang sedang KKN, beberapa guru dibantu dalam pembuatan bahan ajar yang akan diberikan disaat pembelajaran berlangsung oleh mahasiswinya. Mahasiswi tersebut membuat bahan ajar dengan menggunakan video pembelajaran. Setelah mahasiswi itu memberikan hasil video pembelajarannya, para guru ternyata sangat senang dikarenakan pembelajarannya dibuat dengan cara yang berbeda. dari situlah guru-guru tertarik dan ada keinginan untuk belajar membuat video pembelajaran dengan menggunakan salah satu aplikasi yang dipakai. Selama penguatan pembelajaran mengenai pembuata video, guru guru sangat antusias dan banyak hal-hal yang memang perlu pengarahan kepada guru untuk kemajuan materi pembelajaran agar lebih efektif.

Pembekalan mengenai pembuatan media pembelajaran/dokpri
Pembekalan mengenai pembuatan media pembelajaran/dokpri

Penerapan penguatan pembelajaran pembuatan video kepada guru menjadi salah satu kemajuan di masa pandemic Covid-19 ini. Dengan begitu, respon anak-anak dalam pembelajaran daring pun akan lebih mengasyikkan disbanding penerapan pembelajaran yang sebelumnya. Anak-anak akan lebih semangat dalam pembelajaran, dan akan bersunggung-sungguh dalam mengimplementasikannya. Sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan, apabila pembelajarannya dibuat dengan semenarik mungkin. semoga dengan adanya suatu program penguatan pembelajaran kepada guru ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran daring dimasa pandemic Covid-19 ini.

Penulis: Finny Rohaeni/1804917/PGSD Penjas/Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Di Sumedang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun