Mohon tunggu...
Fina Ziyadah
Fina Ziyadah Mohon Tunggu... Fina Ziadatul Khoir

Fina Ziyadah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Tahu Cara Menganalisis Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan?

15 Desember 2019   21:55 Diperbarui: 15 Desember 2019   22:00 2 0 0 Mohon Tunggu...

Pengetahuan dapat diperoleh dari kegiatan sehari-hari, pengetahuan tidak menyelidiki objeknya secara menyeluruh, tidak bersistem dan tidak ber metode. Sedangkan ilmu diperoleh dari sebuah pengalaman dan akal, sehingga timbul paham yang disebut dengan paham rasionalisme dan empirisme. Cara untuk mendapatkan pengetahuan yaitu bisa melalui intuisi yang merupakan pengetahuan yang didapatkan tanpa melalui proses penalaran tertentu. Dan penalaran yang akan menghasilkan pengetahuan yang dikaitkan dengan kegiatan berpikir dan bukan dengan perasaan. Kemudian sarana berfikir ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yaitu bahasa, statistika dan logika.

Struktur dasar ilmu pengetahuan yaitu terdiri dari metode ilmiah, teori, hipotesis, logika, data informasi, pembuktian dan paradigma. 

Kebenaran dalam ilmu pengetahuan disesuaikan antara apa yang dipikirkan atau dinyatakan dengan kenyataan yang sesungguhnya. Sedangkan kesalahan, dalam ilmu pengetahuan di sini sebagai tindakan kognitif penahu, dan suatu hal yang salah dianggap benar. Kesalahan adalah hasil dari tindakan kekeliruan. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x