Mohon tunggu...
FINA ANGGRAINI
FINA ANGGRAINI Mohon Tunggu... Administrasi - STMIK NUSA MANDIRI

Studi Sistem Informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Mandiri di Masa Pandemi Covid-19

6 Desember 2020   09:41 Diperbarui: 6 Desember 2020   09:42 171 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Biasanya program kuliah kerja nyata (KKN) menjadi ajang pengabdian masyarakat. Namun tahun ini kampus menerapkan KKN mandiri, seperti yang dilakukan Fina Anggraini.

Ditengah Pandemi Covid 19,Mau tak mau kegiatan KKN harus dilaksanakan oleh berbagai institusi pendidikan,sebagai salah satu contoh yaitu STMIK NUSA MANDIRI.

Sesuai aturan kegiatan KKN menitik beratkan pada pengabdian masyarakat yang di lakukan secara individu dan berlokasi di tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Dari program tersebut,Fina Anggraini,mahasiswi Program Studi Sistem Informasi STMIK NUSA MANDIRI melakukan KKN di Kampung Cikoneng Girang RT/RW 001/004 Kelurahan Manis Jaya Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang,Banten.

Dalam Program KKN yang dilakukan yaitu dengan membantu para orang tua untuk menyelesaikan tugas sekolah dari sang anak selama belajar secara daring di rumah,dalam survei yang telah dilakukan para orang tua mengakui sedikit kualahan dalam membimbing anak dalam belajar dirumah apalagi ditambah sebagian besar para orang tua di Kampung Cikoneng Girang ini adalah Karyawan pabrik,dimana waktu mereka yang harus terbagi untuk bekerja yang membuat kurangnya kemaksimalan bimbingan belajar untuk anak anaknya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Para orang tua sangat senang dan sangat berterima kasih telah dibantu dalam mendampingi belajar secara daring untuk anak anaknya. sebagian besar dari mereka yang masih duduk di sekolah dasar belum bisa secara teratur belajar secara daring dirumah karena mereka ingin bermain bersama teman temannya.

Kegiatan ini juga tentunya di lakukan  dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker serta mencuci tangan sebelum belajar dan memakai handsanitizer.

Kegiatan ini pun sangat mendapat respon  positif dari anak anak tersebut,mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar bersama ini.

"Aku suka belajar bareng kaya gini,lebih asik dan gak ngebosenin" kata salah satu anak anak tersebut dengan polosnya.

KKN Mandiri ini sudah mendapat izin dari RT/RW setempat juga tentunya.

Fina Merasakan KKN yang dilakukan di lingkungan sendiri, lebih bermakna. Mahasiswa lebih mengenal wilayah serta menjadi bagian dari solusi dari persoalan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan