Mohon tunggu...
Fina ZahrotulHayah
Fina ZahrotulHayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Warga Antusias! Mahasiswa KKN Undip Adakan Cek Kesehatan dan Edukasi Hipertensi Gratis bagi Keluarga dengan Lansia

11 Agustus 2022   08:39 Diperbarui: 2 September 2022   20:03 51 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Lansia RW 02/Dokumentasi pribadi

Tambakharjo (17,21/07/2022) Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang paling umum disandang masyarakat kita, menurut data Riskesdas 2018 prevelensi hipertensi di Indonesia mayoritas terjadi pada kelompok usia 45-54 tahun (45,3%), serta umur 55-64 tahun (55,2%). Hipertensi sering disebut sebagai the silent killer karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak mengetahui dirinya menyandang hipertensi dan baru diketahui setelah komplikasi.  Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip Fina Zahrotul Hayah dari ilmu keperawatan (21) mengajak masyarakat dengan melakukan serangkaian kegiatan cek kesehatan dan edukasi hipertensi secara door to door kepada warga RW 01 dan RW 02 kelurahan Tambakharjo, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang guna mengupayakan pencegahan dan pengendalian hipertensi sedini mungkin.

Rangkaian program ini telah berjalan selama dua hari yakni dimulai dari kegiatan posyandu lansia pada tanggal 17 Juli 2022 dengan agenda cek tensi, cek tinggi badan, berat badan, dan pembagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada lansia dan tanggal  21 Juli 2022. Adanya program ini didasarkan dengan capaian tema KKN TIM II UNDIP yang ke tiga yaitu sustainable development goals (SGDs) mengenai kehidupan yang sehat dan sejahtera dengan menekan angka  hipertensi karena proses penyembuhan dan perawatan yang lama serta membawa dampak ekonomi yang cukup besar bagi penderitanya. Program cek kesehatan dan  edukasi hipertensi dilaksanakan dengan metode door to door agar lebih efektif dalam penyampaian informasi.

Cek Tensi Posyandu Lansia/Dokumentasi pribadi
Cek Tensi Posyandu Lansia/Dokumentasi pribadi

Kegiatan lanjutan cek kesehatan dimulai dengan mengunjungi salah satu rumah warga secara bergantian dimulai dari warga RW 01 sampai RW 02. Terdapat agenda yang mahasiswa lakukan yakni pengecekan tensi, penyuluhan penyakit tidak menular seperti hipertensi, dan konseling kesehatan. Setelah proses pengecekan tensi selesai, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan memberikan edukasi terkait bahaya hipertensi dan bagaimana upaya pencegahannya. Dalam prosesnya mahasiswa juga menyisipkan tips tips sehat selama masa pandemi.

Pengecekan Tensi Salah Satu Rumah Warga/Dokumentasi pribadi
Pengecekan Tensi Salah Satu Rumah Warga/Dokumentasi pribadi

Kegiatan ditutup dengan memberikan edukasi melalui  leaflet hipertensi dan foto bersama warga.  Program ini disambut dengan antusias warga yang banyak berpartisipasi dalam kegiatan khususnya warga RW 01 sampai RW 02, "bagus kalau ada cekkes seperti ini karena saya sudah lama tidak cek tensi " ucap ibu Ninik selaku warga RW 02. Program ini diharapkan dapat memicu kesadaran masyarakat terhadap kesehatan pribadi serta keluarga khususnya dengan lansia.

Penulis : Fina Zahrotul Hayah/Ilmu Keperawatan/Fakultas Kedokteran

Lokasi   : Kelurahan Tambakharjo, Semarang Barat

DPL        : Rosa Amalia, S.Pi., M.Si.

#p2kknundip.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan