Mohon tunggu...
Filzah AndinaKhaerani
Filzah AndinaKhaerani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Think then talk :')

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Review Artikel UNS Mengenai Bencana Alam

7 Februari 2020   23:03 Diperbarui: 7 Februari 2020   23:10 44 0 0 Mohon Tunggu...

(K3119044) Filzah Andina Khaerani Penulis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (https://bk.fkip.uns.ac.id) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (https://fkip.uns.ac.id)

A. Latar Belakang

Bencana alam yang terjadi di Indonesia kian marak dewasa ini. Contoh bencana alam yang sering terjadi di Indonesia yaitu tanah longsor. Tanah longsor dapat disebabkan karena beberapa hal, salah satunya yaitu akibat hujan lebat yang terjadi di dataran tinggi secara terus-menerus di tanah yang tidak rata sehingga menyebabkan tanah longsor.

Salah satu bencana tanah longsor yang terjadi akhir-akhir ini terdapat di daerah Bogor yang merupakan daerah dataran tinggi di Indonesia. 

Tanah longsor di Bogor menyebabkan kerusakan baik rumah maupun lingkungan yang  membuat masyarakat mudah terserang penyakit sehingga ada beberapa relawan yang berasal dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yang ber-empati  dan mengirimkan bantuan medis dalam beberapa gelombang, selain bantuan medis juga terdapat  bantuan psikis yang diberikan. 

Kondisi psikis masyarakat yang terkena bencana tanah longsor  terganggu  karena masyarakat memikirkan mata pencaharian utama yang bergantung pada alam kini hancur. Sejauh  ini Universitas Sebelas Maret telah mengirimkan bantuan sebanyak 3 gelombang yang dilakukan secara bertahap.

B. Tujuan Artikel Ilmiah

Tujuan Penulisan artikel ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membantu sesama walaupun sekecil apapun bantuan itu.

C. Pembahasan

Dalam kasus bencana tanah longsor di Bogor, relawan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) mengirimkan bantuan medis kepada korban bencana tanah longsor. Tim medis UNS gelombang 2 yang diwakili oleh dr. Jerry Indra Setiawan (speasialis paru-paru), dr. Dikha Dwi Putra (spesialis penyakit dalam) dan dr. Johannes Naibako (psikiatri) menyampaikan bagaimana kondisi terakhir dan tindakan-tindakan apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk membantu warga di wilayah tersebut. Mayoritas para korban mengalami infeksi pernafasan atas (ISPA), infeksi saluran kemih (ISK), dan gangguan saluran pencernaan.

Para relawan secara sukarela memberikan bantuan kepada korban bencana tanah longsor yang ada di Bogor. Hal ini diharapkan dapat membuat para mahasiswa termotivasi dan terus berkarya. Selain itu untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dapat dilakukan dengan membuka website UNS. Dalam website tersebut terdapat banyak artikel tentang berbagai hal yang dilakukan mahasiswa dan civitas akademik sehingga dapat meningkatkan minat  pelajar yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai UNS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN