Mohon tunggu...
Dhyvanne Yardley Tando
Dhyvanne Yardley Tando Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa HI UPNVYK

Hobi: Renang, nge-game Kepribadian: Introvert :D Topik konten favorit: sejarah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Character Building, Apa Sih Pentingnya?

9 Agustus 2023   19:36 Diperbarui: 10 Agustus 2023   16:56 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mungkin ada beberapa dari kalian yang pernah dengar kata "Character Building", tapi belum mengetahui maksud atau arti dari kata tersebut? Dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian, bagaimana kita membangun atau contoh dari Character Building.

Character Building adalah proses yang melibatkan hal-hal positif (termasuk perilaku) yang membantu pengembangan diri. Walaupun kamu adalah pelajar (siswa dan mahasiswa) atau hanya sebagai warga negara, Character Building memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk identitas diri dan pengaruh terhadap lingkungan kamu. Bagaimana cara kita membangun Character Building dalam diri kita? Berikut caranya:

  • Bertanggung Jawab

Sebagai manusia mungkin sudah tidak asing lagi dengan perilaku bertanggung jawab, namun pelaksanaannya tidak semudah ucapan. Contoh yang paling umum ditemukan adalah bertanggung jawab terhadap tugas atau studi yang diberikan, dan komitmen untuk menyelesaikan tepat waktu. Menyelesaikan tugas tepat waktu, selalu mempersiapkan segala sesuatunya, dan menjalankan kewajiban dapt membangun Character Building

  • Manajemen Waktu

Hal yangg tidak kalah penting dari bertanggung jawab adalah manajemen waktu. Pasti banyak dari kita yang tidak dapat mengatur waktu kita, kan? Terutama mahasiswa, banyak yang tidak dapat mengatur waktu karena tugas-tugas atau kegiatan organisasi. Walaupun demikian, mengatur waktu membuat kita belajar memprioritaskan tugas dan mengalokasikan waktu secara efisien. Belajar mengatur waktu dapat meningkatkan produktifitas dan mengurangi stres. Mengapa mengurangi stres? Karena teraturnya waktu kegiatan kalian dan hal-hal yang penting seperti tidur, makan, olahraga, dan sebagainya itu tidak diabaikan karena adanya kegiatan lain.

  • Keterlibatan Dalam Komunitas

Poin yang ini mungkin sama seperti siswa atau mahasiswa yang berorganisasi. Keterlibatan dalam komunitas dapat meperkuat ikatan dengan orang lain yang berada di dalam komunitas itu, apakah mereka siswa atau mahasiswa, atau masyarakat. Keterlibatan aktif dalam proyek komunitas dan kegiatan sosial menunjukkan komitmen untuk memberikan dampak positif pada diri sendiri atau orang lain.

  • Empati

Memiliki empati adalah hal yang lumrah bagi semua orang, kecuali mereka yang memiliki gangguan kejiwaan seperti psikopat atau penyakit kejiwaan yang mirip. Memiliki empati berarti memahami perspektif dan perasaan orang lain dapat menumbuhkan rasa percaya dan hubungan yang positif. Empati juga dapat diartikan membantu mereka yang membutuhkan, seperti orang kurang mampu. Membantu mereka yang membutuhkan membangun nilai tersendiri bagi Character Building kita, seperti amal ibadah dan rasa rendah hati.

  • Integritas

Integritas dalam pengertian umum adalah gambaran diri kita yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. Maksud dari poin integritas ini adalah untuk membuat image atau first impression yang baik dari diri sendiri, seperti sopan, jujur, dsb. Sebagai warga negara, terutama siswa atau mahasiswa, menjunjung tinggi kejujuran dan prinsip moral dalam studi itu sangat penting. Mengapa penting? Agar dapat dipercaya oleh teman, guru, dosen, dsb. Salah satu contoh dalam akademik adalah menghindari plagiarisme. Kamu harus membuat karya sendiri tanpa menjiplak karya orang lain, namun plagiarisme itu berbeda dengan bahan referensi. Plagiarisme menjiplak karya seseorang seutuhnya tanpa memberi credit kepada pencipta suatu karya, sedangkan referensi adalah sumber informasi yang akan dimuat dalam karya kita. Plagiarisme dan referensi memang terdengar mirip, tetapi ingatlah bahwa keduanya itu berbeda. 

  • Kesadaran Lingkungan

Poin ini tidak kalah penting dari poin-poin yang telah disebutkan di atas. Bertindak secara bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan melestarikan lingkungan, mengurangi limbah, dan mendukung praktik berkelanjutan yang berkontribusi terhadap kesehatan jangka panjang bangsa dan bumi kita.


Walaupun masih banyak poin-poin yang dapat dilakukan untuk Character Building seperti ketangguhan, rasa ingin tahu, toleransi dalam perbedaan, dan sebagainya, namun poin yang telah disebutkan di atas sudah cukup sebagai contoh dalam membangun karakter kita atau Character Building.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun