Mohon tunggu...
Nurul Fildzah Zatalini
Nurul Fildzah Zatalini Mohon Tunggu... Guru - Pengajar

Alumni UNM 2013

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Raup Untung Lewat Endorse Selebgram

4 Mei 2016   13:35 Diperbarui: 4 Mei 2016   15:40 1075
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu mahasiswa UNM, Halifa Intani. (Sumber: Instagram)

Kebebasan menggunakan sosial media saat ini, tak ada habis-habisnya untuk dimanfaatkan oleh sebagian kalangan untuk memenuhi pundi-pundi keuangannya. Salah satu sosial media yang masih eksis adalah Instagram.

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang dirilis pada 6 Oktober 2010. Setiap bulannya, lebih dari 400 juta pengguna Instagram dari seluruh penjuru dunia melakukan interaksi. Interaksi yang terjadi setiap hari ini terlihat seperti sebuah ladang bisnis bagi kalangan yang memiliki bisnis dunia maya atau dikenal Online Shop.

Kini, orang-orang dapat dengan leluasa mengambil gambar barang dagangannya dan menunggahnya ke Instagram untuk dijual. Hal itu membuat persaingan bagi para pemilik Online Shop. Para pencari rupiah ini tentu harus melakukan berbagai cara agar barangnya tetap laku dan eksis dipasaran. Salah satunya dengan melakukan endorsement kepada para pemilik akun Instagram dengan followers banyak dan aktif.

Lalu, apa itu endorsement? Endorsement pada dasarnya berarti dukungan atau saran. Dalam Online Shop, para pemilik mengirimkan barang jualannya secara gratis kepada orang-orang yang populer di Instagram, seperti artis untuk dipromosikan. Cara endorsement ini cukup efektif untuk mempromosikan barang jualannya. Selain mudah, cepat dan tidak mengeluarkan biaya yang besar, cara promosi seperti ini tertuju langsung kepada pembeli. Endorsement inipun menjadi fenomenal dalam persaingan dan meningkatkan barang jualan Online Shop.

Namun, fenomena endorsement ini tak hanya terjadi di kalangan orang-orang yang seringkali muncul di layar kaca TV saja. Orang biasa dengan akun instagram yang memiliki banyak pengikut aktif disebut Selebgram. Orang-orang ini  menjadi sasaran para pemilik bisnis online untuk membantu memasarkan barang dagangannya. Di Universitas Negeri Makassar sendiri tak ketinggalan. Ada banyak mahasiswa yang menjadi selebgram karena memiliki pengikut yang cukup banyak di Instagram.

Salah satunya, Halifa Intania. Mahasiswa Jurusan Seni Drama Tari dan Musik yang akrab disapa Ifa ini sering menerima tawaran endorse dari berbagai pemilik Online Shop. Pemilik akun @halifaintania ini membuat akun instagram sejak 2014 lalu.

Dengan modal 6520 pengikut aktif, Ifa mulai mempromosikan brand milik Online Shop di akunnya sejak awal 2016. “Mempromosikan brand orang lain adalah kebanggaan tersendiri, karena tidak sembarang orang yang biasanya endorse,” kata mahasiswa angkatan 2013 ini.

Mahasiswa yang juga sedang sibuk syuting film “Panai” ini mengaku, endorse merupakan hal yang sah-sah saja untuk dilakukan selama tidak merugikan orang lain. “Hal negatif menurut saya sekarang ini saya belum dapat. Mungkin bisa saja ada hal negatif kalau menerima tawaran endorse yang abal-abal dan fake,” jelasnya.

Perempuan kelahiran Toraja ini selalu menerima tawaran endorse melalui akun sosial media yang ia cantumkan di kolom informasi Instagramnya. “Saya terima endorse free kalau berteman dan kalau orang lain ada harga tersendiri,” katanya.

Jadi Selebgram yang Selektif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun