Mohon tunggu...
Fila Rachmad
Fila Rachmad Mohon Tunggu... Penulis - Seorang mahasiswa yang menekuni kepenulisan

Menulis menjadi salah satu hobby dalam waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Beberapa Keuntungan Mengikuti UKM

25 Januari 2022   21:00 Diperbarui: 25 Januari 2022   21:02 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source : Pexels.com

UKM atau unit kegiatan mahasiswa merupakan wadah bagi para mahasiwa menyalurkan hobi atau mintanya guna dikembangkan lagi. Namun, bukan hanya itu saja UKM dapat menjadi tempat bertukar pikiran antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lainnya.

Beberapa UKM memilikki peraturan yang berbeda-beda di dalamnya. Mahasiswa dapat memilih UKM sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Kampus saya sendiri memilikki banyak sekali UKM yang dapat membuat mahasiswa kebingungan memilih UKM mana yang akan cocok nantinya.

Beberapa UKM populer seperti Mapala, Menwa, atau basket yang hampir ada di setiap kampus. Mapala dan Menwa merupakan contoh UKM yang memilikki peraturan yang dapat dibilang agak keras. Selain itu UKM sebagai ajang bertukar pikiran, bertukar pendapat untuk menemukan satu suara dalam UKM tersebut.

Terkadang ada beberapa permasalahan yang akan timbul dalam sebuah UKM, seperti anggota yang jarang latihan, anggota yang keluar masuk, atau masalah internal lainnya. Masalah-masalah tersebut akan menjadikan mahasiswa lainnya menjadi lebih dewasa dengan akan mendiskusikan masalah tersebut bersama.

Selain itu UKM dapat menjadi ajang meraih prestasi bagi mahasiswa. Mereka dapat dilatih dan mengikuti lomba untuk mendapatkan prestasi. Tak kadang prestasi tersebut akan mendapatkan insentif dari kampus tergantung dari tingkatan kompetisinya.

Gimana sekarang apakah kamu tertarik gabung ke UKM? Segera tentukan pilihanmu dengan gabung di UKM yang menurutmu akan membuatmu berkembang dan mendapatkan prestasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun