Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Horor dan Misteri, Berani Terima Tantangan Kami?

20 September 2016   13:34 Diperbarui: 13 November 2016   06:04 726
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Banner yang wajib disertakan - by; FC

Dear Kompasianer^^

Holla Kawans^^ lama tak bersua (ecieee... gayanya) Jumpa lagi ma Mimin nih, kali ini Mimin mo ngasi tahu satu event kueren nih. Mau tahu kan...?

Eee tapi, Mimin mo nanya dulu nih, masih ingat gak sama film-filmnya Suzana? Atau, The X Files,  atau juga Supranatural? Atau juga episode-episodenya Goosebumps?

Naahh^^...event kali ini berkaitan dengan itu semua. Yups! Tentang; Horor dan Misteri.

Hmm, sebelumnya, ijinkan Mimin ngasi tahu sedikit soal si Horor dan Misteri ini, ya. Monggo, disimak^^

Horor dan Misteri pada berbagai sumber, disebut-sebut sebagai dua genre yang berbeda, namun sebenarnya keduanya seringkali menjadi satu kesatuan yang utuh. Jika horor kerap dihubung-hubungkan dengan permasalahan hantu, jin, setan, santet ataupun hal-hal yang menyeramkan lainnya, maka misteri acap kali identik dengan cerita detektif, pembunuhan, juga tentang kepercayaan terhadap mitos atau legenda dan budaya kearifan lokal.

Horor tak pernah luput dari seputar misteri, sedangkan misteri sendiri selalu punya kaitan erat dengan horor. Horor sering menyoal sesuatu yang barangkali tidak ada, tapi dipercaya keberadaannya. Atau sebaliknya, kehadirannya memang benar ada, hanya saja sulit dijangkau oleh kelima indera manusia dan kadang terkesan tidak masuk akal.

Di sisi lain, misteri kerap melibatkan banyak hal, seperti: alien atau mahluk luar angkasa, kasus pembunuhan yang menjadi tanda tanya, mekanisme jiwa manusia yang secara psikologi atau psikiatri meliputi kasus paranoid, delusi, halusinasi, kepribadian ganda, dan sebagainya.

Adanya virus aneh, wabah penyakit, bencana atau pula musibah alam juga sering kali mengusik pikiran manusia akan adanya sebab akibatnya. Karenanya fiksi misteri dan horor selalu memiliki penggemarnya sendiri meski sudah jarang ditulis atau difilemkan lagi. Tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini, ranah layar perak dan kegiatan tulis-menulis di Indonesia sepertinya sudah mulai marak menggarap serius kedua genre di atas yang pada tahun 1970-an pernah booming.

Gimana Kawans^^, terdengar seru kan? Kan? Kan...?

Nah..., melalui pengumuman ini, Fiksiana Community mengajak kawans semua untuk berpartisipasi dalam event yang sengaja diadakan dengan tujuan, sebagai ajang peserta berlatih bagaimana membuat kisah horor dan misteri. Selain itu,event ini juga bisa menjadi ajang untuk menguji kemampuan para peserta dalam meramu unsur-unsur fiksi seperti dialog, konflik, deskripsi, penokohan dan permainan alur, menjadi satu kesatuan cerita utuh yang menarik pembacanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun