Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Artikel Utama

Yuk Berbagi Kisah tentang Pahlawan Melalui Cerpen di Event Fiksiana Community

12 Agustus 2019   11:21 Diperbarui: 12 Agustus 2019   12:30 1812
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bendera merah putih| Kompas/Mohammad Hilmi Faiq

Dear mBer Fiksiana Community,

Bertepatan dengan bulan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, Fiksiana Community kembali menggelar hajatan menulis. Tema yang kita angkat kali ini adalah mengenai pahlawan.

Menurut KBBI Edisi V, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani; hero.

Zaman dahulu, pahlawan identik dengan mengangkat senjata melawan musuh. Akan tetapi, sekarang pahlawan tidak melulu dikaitkan dengan perang dan senjata. Pahlawan masa kini bisa saja seseorang yang justru tidak pernah memegang senapan atau senjata tajam jenis apa pun. 

Mereka bisa saja seseorang yang sehari-hari berkutat dengan bakteri dan virus di laboratorium demi menciptakan vaksin atau obat-obatan yang mampu menyelamatkan nyawa orang lain.

Mungkin, ia adalah seorang guru yang ditugaskan di daerah terpencil demi mengurangi angka buta huruf. Atau yang paling sederhana, ia adalah seorang kakak yang berani melindungi adiknya agar terbebas dari perundungan di sekolah.

Seseorang bisa jadi adalah pahlawan bagi orang lain. Kita patut menghargai jasa-jasanya. Dan sebagai seorang penulis, rasa terima kasih itu bisa kita tuangkan melalui sebuah karya dalam [Event FC] Pahlawanku.

Ketentuan naskah peserta event:
1. Naskah merupakan karya asli penulis. Bukan hasil jiplakan/saduran/kutipan, baik keseluruhan ataupun sebagian.

2. Naskah berupa cerita pendek (cerpen) dengan panjang 1200-1800 kata.

3. Naskah bertema "Pahlawanku" dengan genre bebas. Cantumkan label pahlawankuFC dan fiksianacommunity pada setiap karya yang ditayangkan.

4. Naskah ditayangkan tanggal 17-18 Agustus 2019 melalui akun Kompasiana masing-masing peserta dan mencantumkan tautan (link) ke kolom komentar di artikel yang akan ditayangkan FC pada tanggal berlangsungnya event.

5. Membagikan tautan naskah ke akun media sosial masing-masing peserta disertai tagar #pahlawankuFC dan #fiksianacommunity

6. Peserta diperbolehkan menayangkan lebih dari satu karya, tetapi hanya satu judul yang bisa diikutsertakan dalam penilaian.

7. Penulisan judul berformat [Pahlawanku] Guru Terhebatku.

8. Lima karya terunik berhak mendapatkan hadiah pulsa atau saldo Gopay/OVO sebesar Rp 100.000. Pengumuman pemenang pada tanggal 31 Agustus 2019.

9. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Jadi, mari persembahkan hadiah terbaik untuk mereka, para pahlawan kita.

Salam hangat,

Admin Fiksiana Community

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun