Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Supporter Jepang yang Viral Setiap Piala Dunia

4 Desember 2022   05:45 Diperbarui: 4 Desember 2022   06:03 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu aksi supporter jepang membersihkan area stadion. sumber: bolasport.com

Piala dunia menjadi ajang bergengsi seluruh negara-negara dunia. Perjuangan lolos dari kualifikasi untuk menuju final piala dunia adalah impian semua negara. Tak pelak berbagai persiapan latihan sepak bola dilaksanakan dan terprogram dengan baik.

Dalam perhelatan piala dunia 2022 di Qatar kali ini banyak menyoroti suporter negara jepang. Yang disoroti adalah bagaimana budaya kebersihan mengakar dalam setiap warga negara jepang dimanapun mereka berada. Bahkan hal ini dalam setiap perhelatan piala dunia dapat dipastikan suporter jepang akan viral karena kebersihannya di stadion.

Para suporter negara jepang akan membesihkan area stadion disekitar tempat duduk mereka agar dapat besih kembali seperti sebelum mereka datang. Mereka akan berbondong-bondong membawa kantong plastik untuk memungut sampah yang berserakan.

Bersihnya tempat ruang ganti pemain jepang. Sumber: kompas.com
Bersihnya tempat ruang ganti pemain jepang. Sumber: kompas.com

Ternyata selain suporternya, hal ini juga dilakukan oleh official pemain negara jepang. Mereka membersihkan ruang ganti dengan sangat bersih. Setelah bermain mereka membersihkan ruang ganti dengan tingkat kebersihan yang sama sebelum mereka datang.

Budaya seperti ini sangat mengakar dalam jiwa rakyat jepang. Membuktikan bahwa negara jepang memiliki kemajuan dalam hal budaya kebersihan. 

Seharusnya hal demikian juga dapat ditiru oleh negara-negara lain. Agar kebersihan selalu terjaga dibelahan bumi manapun. Minimal membersihkan kotoran yang dibuatnya sendiri. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun