Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sekolah Negeri Sudah Waktunya Berinovasi

1 Oktober 2022   19:30 Diperbarui: 1 Oktober 2022   19:40 127 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anies Baswedan meresmikan sekolah negeri di Jakarta berbasis net zero carbon. sumber: https://assets.pikiran-rakyat.com

Pendidikan merupakan aset berjangka yang sangat mempengaruhi kehidupan suatu bangsa dimasa yang akan datang. Jika pendidiakan dibangsa tersebut bagu dan baik, maka tunggulah kejayaan bangsanya. Demikian juga dengan bangsa Indonesia yang semestinya memperhatikan bidang pendidikan yang sangat penting ini. Dengan berbagai usaha pengembangan dan inovasi seharusnya menjadi perhatian khusus. Sehingga sekolah negeri dapat bersaing dengan sekolah swasta.

Sekolah swasta sudah semakin merajai konstelasi pendidikan Indonesia. Sekolah negeri semakin tergerus, sehingga beberapa sekolah negeri muridnya sudah tidak seperti dulu lagi. Bahkan terdapat sekolah negeri yang harus tutup dan gedungnya terbengkalai karena tidak adanya minat masyarakat untuk masuk sekolah negeri.

Dengan semakin pesatnya pendidikan Indonesaia maka selayaknyalah sudah mulai memikirkan langkah strategis agar sekolah negeri menjadi jujugan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya. Tentunya dengan inovasi yang secara sustainable berpengaruh terhadap jangka panjang sekolah. 

Bagian dari inovasi adalah mulai merevitalisasi fasilitas dan kualitas sekolah. Langkah yang dilakukan Gubernur Jakarta Anies Baswedan sangat tepat. Yakni membangun gedung ramah lingkungan disandingkan dengan fasilitas seperti sekolah swasta. Ada kantin yang bersih, ada rooftop, ada lapangan sekolah yang bagus dan bangku-bangku sekolah sudah modern. Langkah ini sangat strategis guna menarik perhatian masyarakat bahwa sekolah negeri tidak hanya gratis, tapi juga memiliki fasilitas yang sama dengan sekolah swasta yang mahal. Sehingga dalam perjalanannya nanti sekolah negeri harapannya kembali digandrungi oleh masyarakat dan menjadi contoh pendidikan yang baik. 

Termasuk dalam revitalisasi adalah memberikan kualitas input maupun output yang bagus. Sehingga mutu pendidikan terjaga dengan baik. Dalam sisi lain fasilitas bagus dan disisi lain kualitas sekolah juga baik. Maka jika dua komponen ini disatukan dengan baik amaka muncullah sekolah-sekolah negeri unggul yang siap bersaing dengan sekolah-sekolah swasta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan