Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Alasan Pelajar Wajib Merantau

17 September 2022   05:55 Diperbarui: 17 September 2022   05:58 124 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Sebagai seorang pelajar berhak mendapatkan pendidikan terbaik dari orangtua dan berhak memilih pendidikan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Banyak muncul sekolah dan universitas unggulan yang berstatus negeri maupun swasta. Berada di sekitar kota kita maupun berada di luar kota dan juga terkadang berada di luar provinsi.

Masalah pendidikan adalah hak prerogratif setiap manusia untuk memilih akan berada dimana mereka menempuh pendidikan. Banyak para mahasiswa yang berbeda kota dengan sekolah atau universitas tujuan, bahkan sampai beda provinsi dan pulau. Ini menunjukkan kemajemukan dalam proses pendidikan di beberapa sekolah atau universitas unggulan nasional.

Jika kita menilik alasan mereka merantau tentunya sangat bermacam-macam sekali jawaban. Motif untuk merantau tidak bisa dimasukkan dalam kerangka berfikir yang sama. Maka harus melihat dari banyak sudut pandang agar dapat menemukan jawaban yang sangat variatif.

Maka perlunya diri kita untuk merantau karena beberapa alasan yang telah dialami oleh penulis. 

Mandiri

Berkehidupan sendiri, terkadang tidak punya teman sama sekali tentunya akan membentuk jiwa kemandirian kita. Karena apapun yang kita kerjakan dan lakukan akan kita jalani sendiri. Awal-awal masa merantau memang cukup berat dialami karena belum menyesuaikan diri dengan kondisi tempat perantauan. Belum hafal jalan dan juga tempat-tempat penting juga menjadi problem bagi perantau yang masih baru.

Belajar Mengatur Uang

Tidak selamanya kita selalu menjagokan orangtua kita dalam kehidupan. Sudah selayaknya belajar untuk mengatur uang. Karena di perantauan uang adalah hal yang sangat sensitif. Jika tidak bisa mengelola uang dengan baik, bisa jadi kita tidak akan makan selama berhari-hari dan bisa jadi tidak kuat membayar kos-kosan. Perantuanlah tempat belajar mengelola keuangan yang pas dan terbaik. Karena kita memegang uang itu sendiri untuk kebutuhan kita sendiri juga.

Membangun Relasi

Untuk jangka waktu yang panjang, merantau dapat menambah relasi kita. Sehingga dimasa yang akan datang dapat memberikan impact terhadap masa depan kita. Dengan merantau relasi kita tidak hanya berkutat dalam kota saja. Tapi telah merambah relasi nasional atau bahkan internasional. Maka dari itu gunakanlah merantau selain untuk belajar dengan serius dan gunakan untuk menambah relasi.

Merubah Mindset

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan