Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Lakukan Ini Sebelum Pensiun agar Tidak Menyesal

16 September 2022   05:45 Diperbarui: 16 September 2022   05:46 101 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masa pensiun merupakan masa dimana banyak ditunggu-tunggu oleh para ASN (Aparatur Sipil Negara), karena sudah mencapai batas maksimal usia kerja. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri, karena tidak sedikit ASN yang pada akhirnya tidak bisa memanage dananya dengan baik. Maka itu butuh strategi yang tidak instant. Butuh proses dan waktu untuk mempersiapkan semuanya sebelum masa pensiun itu tiba.

Bahkan seringkali kita dengar juga ada ASN yang memutuskan untuk pensiun dini. Tidak mudah hal itu terjadi dan tentunya tidak mudah untuk mengatur semuanya. Dibutuhkan kemampuan mengatur dengan baik, sehingga harapannya semua berjalan sesuai dengan rencana. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk mempersiapkan masa pensiun.

1. Menabung

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang dan terbukti efektif dan berhasil. Tentunya menabung dengan uang nantinya akan terdampak inflasi jika jangkanya sangat panjang. Tapi disisi lain menabung dengan uang memiliki kepuasan tersendiri, karena melihat hasil kerja keras dalam bentuk nominal direkening maupun didalam brankas.

2. Investasi

Masyarakat kita sudah tidak asing dengan investasi. Karena sudah banyak orang atau kelompok yang terus mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi. Tentunya banyak pilihan dalam berinvestasi yang dapat menyesuaikan gajinya saat menjadi ASN. Pilihan beragam investasi seperti investasi tanah, emas dan saham merupakan instrumen yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Semisal memilih tanah sebagai investasi, maka tidak perlu menjadi petani untuk mengerjakannya. Karena tanah berupa sawah atau pekarangan bisa disewakan. Nah, inilah yang dinamakan passive income yang dimana pemilik tanah akan mendapatkan sejumlah uang dari harga sewa tanah tersebut secara terus menerus selama tanah tersebut masih disewakan.

Sama halnya dengan emas dan saham yang menginginkan harganya naik terus sepanjang tahun. Maka pilihlah investasi yang jangkanya sangat panjang untuk dinikmati, terutama nanti ketika pensiun. Banyak pensiunan yang menyesal karena tidak berinvestasi sejak dulu sebelum pensiun.

3. Lunasi Hutang

Jika memiliki hutang maka lunaskanlah segera sebelum pensiun. Jangan sampai menjadi boomerang bagi pensiunan yang akhirnya nanti menjadi beban yang berat. Karena dapat dipastikan besaran dana pensiun tidak akan sebesar gaji ketika menjadi ASN. Hal ini perlu disadari oleh semua yang bekerja sebagai ASN, untuk terus meninggalkan apa yang dinamakan hutang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan