Mohon tunggu...
Fikri Yudhistira Ramdhan
Fikri Yudhistira Ramdhan Mohon Tunggu... XI BDP 1

Belajarlah dari kesalahan dan bersabarlah.

Selanjutnya

Tutup

Media

Hukuman Penyiraman Air Keras Novel

15 Juni 2020   22:50 Diperbarui: 15 Juni 2020   22:56 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hukuman Penyiraman Air Keras Novel
Alasan tidak masuk akal

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh...

Bagaimana keadaan kalian saat ini readers ? semoga selalu sehat dan bahagia yaa walaupun dalam masa pandemic ini.... Baru-baru ini kita kedapatan berita mengenai hukum indonesia yang kurang tegas akan sanksi yang diberikan kepada tersangka... Apa itu ? berikut ulasannya...

Novel Baswedan disiram air keras pada Selasa 11 April 2017, usai salat Subuh di masjid dekat rumahnya. Peristiwa itu mengakibatkan mata kiri Novel tidak berfungsi hingga cacat permanen. Namun, polisi baru berhasil menangkap pelaku penyiraman air keras dua tahun lebih atau Desember 2019.

Jaksa menuntut 2 penyerang Novel Baswedan dengan hukuman pidana selama 1 tahun penjara. Apa alasan jaksa memberikan tuntutan yang dinilai ringan ? Dalam pertimbangan surat tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (11/6/2020), jaksa menyebut kedua terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras kebagian wajah Novel. Menurut jaksa, kedua terdakwa hanya ingin menyiramkan cairan keras ke badan Novel untuk memberikan pelajaran kepadanya.

Jaksa menyebut dakwaan primer yang didakwakan dalam kasus ini tidak terbukti. Oleh karena itu, jaksa hanya menuntut kedua terdakwa dengan dakwaan subsider "Oleh karena dakwaan primer tidak terbukti, terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan primer. Kemudian kami akan membuktikan dakwaan subsider. Dakwaan subsider melanggar Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP," tambah jaksa.

Ketika dimintai keterangan seusai persidangan, jaksa mengatakan alasan selanjutnya memberikan tuntutan ringan adalah terdakwa mengakui perbuatannya dan terdakwa telah mengabdi sebagai anggota Polri selama 10 tahun. Selain itu, kedua terdakwa telah meminta maaf kepada Novel.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x