Mohon tunggu...
Fikri AlvianAbabiel
Fikri AlvianAbabiel Mohon Tunggu... Mahasiswa - 181910201103

semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN BTV UNEJ: Pemasaran Susu Kedelai Hasil Inovasi pada UMKM Tahu

17 September 2021   18:30 Diperbarui: 17 September 2021   18:32 181 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Kantor Kepala Desa Jajag/dokpri

Desa Jajag merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Gambiran terletak di bagian Banyuwangi selatan.  merupakan tumpuan dari beberapa desa ataupun daerah kecil lainnya yang berada di sekitarnya karena memiliki wilayah  yang strategis. 

Salah satunya adalah hasil pertanian di perdagangkan di desa ini. Desa Jajag memiliki luas 816 ha2 dengan jumlah penduduk sekitar 18.369 jiwa dan terdiri dari 5 dusun yaitu dusun Krajan, dusun Kampung baru, dusun Yosowinangon, dusun Petahunan dan dusun Bulusari dengan batas desa bagian timur berbatasan dengan Desa Trembelang, bagian barat berbatasan dengan Desa Wringinagung, bagian utara berbatasan dengan Desa Yosomulyo dan bagian selatan berbatasan dengan Desa Purwodadi. 

Jalan desa ini merupakan jalan yang dilewati Ketika orang-orang ingin pergi ke wisata bagian selatan yaitu Pulau Merah, Wedi Ireng, Sarongan dll. Desa ini adalah salah satu desa yang memiliki banyak penduduk yang Sebagian masyarakatnya memiliki berbagai macam profesi dan salah satunya adalah Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Gambar 2. Diskusi Program Kerja dengan Sasaran/dokpri
Gambar 2. Diskusi Program Kerja dengan Sasaran/dokpri

Universitas Jember mengadakan Kuliah Kerja Nyata dalam bentuk KKN Mandiri untuk membantu pemerintah menangani covid 19 yang semakin meningkat akhir-akhir ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang disebut dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan secara mandiri di desa tempat tinggal masing-masing. 

Melalui kegiatan KKN Back To Village 3 Universitas Jember, saya Fikri Alvian Ababiel selaku peserta KKN BTV 3 UNEJ kelompok 10 dengan dosen pengampu (DPL) Dr. Nita Kuswardhani, S.TP.,M.Eng ingin memberikan dampak baik kepada pelaku usaha pembuatan tahu milik Bapak Dimas yang berada di RT 01, RW 02 Dusun Bulusari, Desa Jajag, Banyuwangi. 

Melalui KKN yang bertemakan program pemberdayaan masyarakat terdampak Covid-19 dengan besar harapan dapat menerapkan pemasaran produk yang inovatif serta dapat memperbaiki keadaan ekonomi pelaku usaha.

Gambar 3. Hasil Desain Logo dan Brosur/dokpri
Gambar 3. Hasil Desain Logo dan Brosur/dokpri

Pada KKN BTV 3 UNEJ terdapat beberapa program kerja yang akan saya lakukan pada usaha produksi Tahu milik Bapak Dimas. 

Tahap pelaksanaan program pertama dimulai dengan pelatihan mengenai marketing digital dengan Langkah pertama yaitu pembuatan banner dan poster  sekaligus untuk pemasaran usaha serta sebagai branding atau penamaan rumah produksi tahu karena sebelumnya tidak memiliki nama untuk usaha tersebut. Tujuannya mengharapkan dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen serta mampu meningkatkan omset penjualan untuk Bapak Dimas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan