Mohon tunggu...
Fiki SyabanNugroho
Fiki SyabanNugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis ketika senggang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ringkasan Tokoh dan Peran di Sekitar Proklamasi

9 Mei 2020   13:22 Diperbarui: 9 Mei 2020   13:35 755 0 0 Mohon Tunggu...

Tokoh dan Peran di Sekitar Proklamasi
1. S. Suhud
Pemuda yang ditugaskan mencari tiang bendera dan mengusahakan bendera merah putih yang akan dikibarkan, Tiang itu berupa bambu. S. Suhud bersama Latif Hendraningrat adalah pengibar bendera merah putih pada saat proklamasi 17 agustus 1945.

2. Suwiryo
Walikota Jakarta Raya pada saat itu dan secara tidak langsung menjadi ketua penyelenggara upacara proklamasi kemerdekaan. oleh karena itu, ia sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam upacara tersebut, termasuk pengadaan mikrofon dan pengeras suara.

3. dr. Muwardi
Bertugas dalam pengamanan jalannya upacara proklamasi. ia menugaskan anggota barisan pelopor dan peta untuk menjaga kemanan. setelah upacara ia menugaskan barisan pelopor dan peta untuk menjaga ir. soekarno dan moh. hatta.

4. Frans Sumarto Mendur
Ia adalah tokoh wartawan yang ikut membantu pelaksanaan proklamasi. ia telah mengabdikan berbagai peristiwa. ia bergabung dengan kawan kawan dari Indonesia Press Photo Senice atau Ipphos.

5. Wuz dan Yusuf Ronodipura
Berperan penting dalam penyebarluasan berita proklamasi ke-2. Tokoh ini merupakan penyiar penyiar yang cukup berani dan tidak jarang mendapat ancaman dari pihak kempetai.

6. Syahrudin
Seorang wartawan Domei, ia dengan berani memasuki halaman penting gedung siaran RRI karena gedung tersebut dijaga oleh tentara jepang, ia masuk lewat belakang. Naskah proklamasi kemudian berhasil diserahkan kepada kepala bagian siaran.

7. B. M. Diah
Merupakan tokoh yang berperan sebagai wartawan dalam menyiarkan kabar berita indonesia merdeka ke seluruh penjuru tanah air.

8. Sayuti Melik
Tokoh pemuda yang juga berperan dalam proklamasi kemerdekaan. Ia mengetik naskah proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan bung karno.

9. Latif Hendraningrat, Trimurti, dan S. Suhud
Berperan mengibarkan bendera merah putih pada upacara proklamasi. Trimurti sebagai petugas pemegang bendera.

10. Sukarni
Salah satu tokoh pemuda yang berjuang dengan gigih melawan penjajah. ia mengusulkan agar yang mendatangani teks proklamasi adalah bung Karno dan bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x