Mohon tunggu...
UNKWOK
UNKWOK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hidup baik

Menjadilah orang baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UPI Kampus Sumedang Memberikan Pendampingan Pembelajaran terhadap Anak SDN Cilengkrangan Sumedang

27 Juli 2021   09:10 Diperbarui: 27 Juli 2021   11:03 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melihat keadaan sekarang, dimana angka kasus Covid-19 terus meningkat dan semakin hari semangkit memprihatinkan sehingga pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran Covid-19 di dunia Pendidikan. Dalam surat edaran tersebut Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan para peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing sejak bulan Maret 2020.

Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh dalam aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang.

Pendidikan lah yang menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang.  Dampak pada proses pembelajaran pun cukup terasa, ketika yang tadinya pembelajaran dilakukan secara langsung sekarang harus dilakukan secara daring. 

Adapun kelemahan sistem pembelajaran daring adalah peserta didik tidak dapat berkonsentrasi karena situasi dan kondisi di rumah yang tidak mendukung proses pembelajaran online dengan baik.

Saya Andhika Zufar Muzzaki adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kampus Sumedang berkesempatan melaksanakan KKN Tematik UPI di daerah Kabupaten Sumedang pada tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan 31 Juli 2021.yang dimana sasaran saya dan teman saya ialah pendidikan,dimana saya harus memenuhi tugas tugas yang diberikan oleh UPI dengan beberapa program kepada saya dan teman saya.

saya melaksanakan pendampingan pembelajaran terhadap anak anak SDN Cilengkrang Sumedang yang dimana saya melakukan perizinan kepada sekolah SDN Cilengkrang untuk memberikan Pendampingan pembelajaran.yang akan dilaksanakan Dilingkungan Anggrek Gg Al Huda 1 Rt/Rw 001/002 Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang  kami berdua di berikan izin untuk melakukan pendampingan pembelajaran luring dengan beberapa prokes yang baik dan tetap menjaga jarak.

Pada program pendidikan, mahasiswa melakukan kegiatan wajib yaitu,

  • Penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Kursus dan PKBM.
  • Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Kursus dan PKBM
  • Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Kursus dan PKBM
  • Mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.
  • Membantu administrasi guru secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.
    Dokpri
    Dokpri
    Dalam KKN ini saya berserta teman saya sudah membuat program untuk anak anak ketika kami melaksanakan program tersebut ,seperti halnya memberikan pelajaran pelajaran,seperti menulis dan menggambar.lalu ada juga cara mencegah covid 19 dengan melakukan 5 M dengan membuat video bersama sama.
    Tidak memungkin juga saya dan teman saya beberapa kali menerapkan pendampinagan pembelajran daring yang pembeljarannya melalui whatsaap dan zoom untuk bertemu atau bertatap muka dengan anak anak dari SDN Cilengkrang tersebut.antusias anak anak sering keli inginnya bertemu dan langsung tetapi kami bisa menuruti permintaannya asalkan Prokes tetap dijaga dan jaga jarak pun tetap dilakukan.
    Saya Dan teman teman saya sangat senang karena antusias anak anak ketika kita ingin pendampingan pemeblajaran mereka bisa belajar kembali tatap muka walaupun bukan dengan guru sekolahannya tapi kami berusaha untuk memberika edukasi semuanya semua orang bisa menjadi guru asalkan bisa memberikan hal hal yang positif ketika belajar.
    Dokpri
    Dokpri

    (Andhika Zufar Muzzaki Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun