Mohon tunggu...
Ascencia Fike
Ascencia Fike Mohon Tunggu... Freelancer / Blogger -

Freelancer dan blogger yang suka makan, jalan-jalan, dan menulis. Tulisannya dalam Bahasa Inggris bisa ditemukan di http://ascenciafike.com dan http://medium.com/@ascencia.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

(Untung) Ide Saya Dicuri!

7 September 2018   13:43 Diperbarui: 7 September 2018   13:47 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
activity diagram book2book

Sudah lama sekali sejak saya terakhir menulis di Kompasiana. Saat itu saya seorang anak SMA kelas 12 yang sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia, sekarang saya baru saja lulus dari jurusan Sistem Informasi dan menambah S. Kom. di nama saya!

Sudah lama juga saya tidak menulis dalam Bahasa Indonesia, biasanya saya menulis dalam Bahasa Inggris di sini dan sini.

Saat ini saya adalah seorang freelancer, bekerja dengan beberapa klien dari Australia, Singapura, Belanda, dan Amerika Serikat. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas hari ini. Melainkan sebuah ide yang terpikirkan dan hampir saya wujudkan saat kuliah. Membuat sebuah startup yang menolong masyarakat Indonesia untuk membaca buku.

Kebetulan saya adalah penikmat buku (yang lumayan parah). Sejak kecil saya akrab dengan Laura Ingalls, Lima Sekawan, dan novel-novel lainnya. Beranjak ke usia remaja, saya mulai membaca buku-buku self-help dan bisnis dalam bahasa Inggris. Saya ingat betapa bahagianya masuk ke toko buku Times (atau yang sekarang dikenal Books & Beyond) di dekat Mal Lippo Karawaci. Rasanya seperti di surga!

Masalahnya, harga buku-buku yang saya inginkan mahal sekali. Paling murah Rp 150.000,00. Ada yang mencapai Rp 500.000,00 bahkan Rp 600.000,00. Pokoknya tidak terbeli, lah.

Akhirnya selama SMA saya hanya bisa puas dengan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah, entah itu buku sastra atau novel berbahasa Indonesia. Saya tidak mau bermimpi untuk membeli buku-buku di Books & Beyond.

TUGAS KULIAH

Di tahun ketiga saya berkuliah (jurusan Sistem Informasi), kami mendapat mata kuliah Entrepreneurship untuk yang kedua kalinya. Waktu itu kami dibagi dalam beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang, lalu diminta untuk menyusun rencana usaha yang berhubungan dengan jurusan kami.

Saya ingat kesulitan saya dalam mendapatkan akses ke buku-buku berkualitas. Buku-buku yang mahal harganya, tetapi sebenarnya hanya sekali dibaca oleh pemiliknya.

Saya membentuk kelompok dengan beberapa teman baik saya, dan mengusulkan untuk membuat website/platform untuk pinjam-meminjam buku. Semua setuju. Kami namakan usaha kami Book2Book.com.

Selama 1 semester, kami mengembangkan konsep usaha kami tersebut. Berapa harga untuk meminjam? Apakah orang yang meminjamkan akan mendapat uang? Bagaimana proses pengantaran bukunya? Apakah akan ada orang 'jahat' yang tidak bertanggung jawab dan membawa kabur buku yang dipinjam? Satu persatu pertanyaan-pertanyaan tersebut kami coba jawab dan ajukan solusinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun