Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Suka diajak makan dan jalan. Contact me delapanempat@gmail.com | dzulfikaralala.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

The Remix NET TV 2016 Kompetisi Musik Elektronik Terbesar di Indonesia

8 Agustus 2016   16:05 Diperbarui: 8 Agustus 2016   18:04 6778 1 0
The Remix NET TV 2016 Kompetisi Musik Elektronik Terbesar di Indonesia
Performace 4 tim The Remix malam pertama (Dzulfikar)

"Welcome party people......" itulah sambutan dari Dave Mahenra presenter, aktor dan juga pembawa aja The Remix 2016 Net TV, saat membuka ajang terbesar kompetisi musik elektonik terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh stasiun televisi masa kini NET TV.

Sedikit melakukan kisah balik, The Remix Net TV sudah digelar pada tahun 2015 dengan format yang tidak jauh berbeda. Berbeda dengan ajang kompetisi musik lainnya, The Remix Net TV mengusung ajang kompetisi dengan konsep yang berbeda.

Acara realitas yang pernah sukses di Vietnam pada tahun 2015 ini boleh dibilang merupakan gelaran yang kedua diselenggarakan kembali oleh Net TV di tahun 2016 ini. Pada tahun 2015, pemenangnya adalah Monostereo.

Tahun 2015 ada sekitar 7 tim yang bertanding dan berkolaborasi untuk memberikan gubahan-gubahan musik dengan sentuhan modern yang berbeda. Kini di tahun 2016, jumlah peserta bertambah 1 tim menjadi total 8 tim yang akan bertarung.

Salah satu magnet The Remix juga adalah keberadaan juri yang benar-benar tidak bisa diragukan lagi kiprahnya dalam dunia musik. Diantaranya Wingky Wiryawan yang juga dikenal sebagai Disk Jockey andal, Addie MS yang dikenal sebagai konduktor musik orkestra yang menawan dan penuh terobosan, dan dua janda cantik yang selalu jadi perbincangan dunia infotainment Maia Estianty dan Titi Rajo Bintang.

Net TV benar-benar cerdas dalam menyuguhkan format ajang musik baru di Indonesia. Salah satu indikator keberhasilan sebuah tim di ajang The Remix Net TV bukan mereka yang bisa bikin bulu kuduk merinding tapi mereka yang sanggup membuat penonton bergoyang dengan semangat mengikuti irama hentakan lagu-lagu.

The Remik mendapatkan dukungan sponsor Cokelat Beng Beng dan minuman berenergi Kratingdaeng. 

Lalu siapa saja grup yang akan berkompetisi dalam The Remix season 2 kali ini?

Nama Peserta The Remix 2016 NET TV Season 2 

  1. Shout - Adi dan KMKZ
  2. BEUNITED - Brianna dan Electrooby Simorangkir
  3. ROCKALIZER - Candil dan Gamaliel
  4. Nuretro - Paul dan Audrey Sasabilla
  5. Unisound - Astrid dan Bleuhat Basjar
  6. Soulplanes - Maria Calista dan Paper Planes
  7. Wizard - Wizzy dan Aydra Jaya
  8. Elektroma - Dewi Gita dan Kenny Gabriel

Sabtu malam (6/8) saya bisa langsung menyaksikan performance 4 tim dari 8 tim yang ada. Penampilan perdana yang dibukan oleh Judges sudah membuat saya tertarik untuk melihat remix-remix yang membahana.

Brianna si cantik nan memesona (Dzulfkar)
Brianna si cantik nan memesona (Dzulfkar)
Elektroma tampil perdana dengan membawakan lagi Armada dengan tajuk mau dibawa kemana. Buat saya Elektroma keren karena bisa memadu padankan musik modern dengan perkusi yang dimainkan dengan asyik oleh Dewi Gita.

Dengan dresscode putih-putih sayangnya Elektroma kurang mendapatkan pujian dari Maia dan Titi karena ada beberapa pilihan musik yang terdengar cukup kuno dan sudah tidak kekinian lagi. Berbeda dengan Adie MS dan Wingky yang mencoba membesarkan hati Kenny.

Penampilan kedua diisi oleh Soulplanes dengan membawakan lagu Ruth Sahanaya dengan judul Astaga. Nah pentolan Peperplanes yang kini dalam tim Soulplanes merupakan adik dari salah satu DJ Indonesia yang sudah mendunia, Anggar Dimas.

Coba deh lihat video Anggar Dimas di sini.

 

Kali ini Titi memuji performance Soulplanes yang terlihat dari pemilihan lagu-lagunya yang terlihat sangat berbakat dan punya jam terbang tinggi. "Tak heran karena mereka dibawah bimbingan langsung kakaknya", tutur Titi.

Sistem voting dilakukan secara live dengan mengetik nama tim yang didukung dan langsung mention akun Net di Twitter dengan taga #TheRemix_namateam #TheRemix_CieBengBeng

Nah, ini salah satu favorit saya Brianna yang tampil memukau dalam tim Beunited. Brianna ini udah jadi ikon di The Remix karena kecantikannya dan suaranya yang aduhai.

Berbeda dengan Brianna yang tampil maksimal, judges beberapa kali memberikan kritikan terhadap performances Obi. Kata Titi, Obie kalau lagi nge-DJ udah kayak lagi ngulek sambal, tidak ada gaya yang khas dan atraktif.

img-1085-jpg-57a84ae65897733618eefd1f.jpg
img-1085-jpg-57a84ae65897733618eefd1f.jpg
Selain itu juga Obi dituntut untuk bisa cepat menemukan chemistry yang baik bersama Briannya yang melenggang cantik sendirian di panggung Studio Net TV.

Nah, performance terakhir ini yang rasanya menjadi penampilan pamungkas malam itu. Bagaimana tidak, penampilan nyentrik dan eksotik Candil, vokalis band Seurius yang sangat terkenal dengan suaranya yang melengking membawakan lagu Naif Mobil Balap dengan sangaaaat baik. Spektakuler deh pokoknya.

Apalagi Gamal merupakan peserta DJ termuda yang beru menginjak usia 17 tahun. Gamal memadukan sound-sound unik seperti bunyi alarm kunci mobil yang dipuji oleh Titi termasuk sangat detail dalam menyiapkan lagu dan performace di panggung.

Judges sepakat memang bahwa penampilan Rockalizer yang digawangi Candil dan Gamal malam itu Pecah Banget!

img-1086-jpg-57a84b085eafbd57113b206d.jpg
img-1086-jpg-57a84b085eafbd57113b206d.jpg

Namun demikian meski sukses bukan tanpa cela, Wingky memberikan insigt bagus buat Gamal untuk mengatur suara Candil dan lengkingan gitar jangan sampai bertabrakan. Harus ada satu suara utama yang dominan dan bukan dua dalam setiap permainan.

Acara The Remix Net TV ini ditayangkan secara live setiap hari Sabtu dan Minggu di Stasiun NET TV mulai pukul 08.30-10.00 malam hari.

Akhirnya performance perdana The Remix Net TV ditutup dengan menunjukkan hasil vote terbaik.

Sudah tau kan siapa pemenangnya malam itu. Iyak, Rockalizer mendapatkan dukungan voting pemirsa hingga 48% pada malah hari itu. Candil dan Gamal sukses menunjukkan performance terbaiknya dalam tayangan perdana The Remix Season 2 Net TV.

DzulfikarAlala