Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Mudik Cerdik Pilihan

5 Aplikasi Android untuk Liburan dan Mudik Makin Lancar dan Nyaman

3 Juni 2019   11:19 Diperbarui: 3 Juni 2019   11:30 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Ingo Joseph from Pexels 

Sepanjang mudik ini jujur saya hampir tidak bisa lepas dari beberapa aplikasi di Android yang benar-benar saya andalkan selama perjalanan. Tanpa aplikasi itu semua, rasanya dunia ini gelap dan saya harus mencoba untuk meraba-raba tempat-tempat yang baru pertama kali saya kunjungi.

Beruntung mudik domestik tidak perlu mempersiapkan koneksi internet seperti halnya ketika liburan ke luar negeri. Agar tercukupi, saya mempersiapkan kuota internet 100GB. Maklum lah punya bocah kecil yang sudah terbiasa terhibur dengan aneka sajian di Youtube. Murah kok, salah satu provider yang saya gunakan hanya membandrol Rp100 ribu saja untuk kuota tersebut.

Agar hape tetap on meskipun di perjalanan, saya sudah menyiapkan bekal sebuah charger mobil dengan output 5 ampere, sehingga bisa lebih cepat mengisi ulang. Harganya juga sangat ramah, cuma Rp150 ribu aja. Worth it banget bisa bergantian isi ulang lebih cepat selama di perjalanan.

Nah, ngomong-ngomong soal aplikasi, setidaknya ada 5 aplikasi yang saya andalkan untuk liburan sekaligus mudik lebaran. Berikut adalah ulasannya.

Google Maps

Google Maps / tek.id
Google Maps / tek.id
Mumpung masih di dalam negeri dan kuota internet juga murah, saya tetap mengandalkan Google Maps bawaan Android. Sebetulnya paman saya menyarankan WAZE karena lebih akurat dan bisa berinteraksi dengan sesama pengguna WAZE.

Namun, saya berpikir saya hanya membutuhkan arah jalan saja tanpa harus terlalu banyak berinteraksi saat mengemudi. Inilah yang saya andalkan sebagai penunjuk jalan selama menyusuri tol dari Jakarta hingga ke Surabaya.

Begitu pula saat mampir di Nganjuk, keliling Surabaya dan singgah ke Madura. Alasan saya cukup praktis menggunakan aplikasi ini karena setiap pengguna Android sudah pasti menggunakannya.

Saat ke luar negeri pun saya tetap menggunakan Google Maps, untuk mengetahui rute kendaraan umum. Sayangnya fitur untuk menunjukkan kendaraan umum yang tepat ketika saya gunakan di Jakarta justru malah kurang tepat. Barangkali karena saya sudah paham rute dan angkutan yang lebih efisien.

Berbeda saat ke Hongkong dan Macau tahun lalu. Saya benar-benar murni hanya mengandalkan Google Maps untuk menggunakan transportasi umum di luar negeri sembari mencari-cari tempat wisata yang ingin saya kunjungi. Aplikasi ini wajib ini memang sangat membantu sekali ketika liburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Mudik Cerdik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun