Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Content Creator

SEO Content Writer yang mencoba menafsirkan ide dengan kumpulan kata yang sederhana. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan menvisualisasikannya di vlog youtube.com/dzulfikaralala

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Jawa Barat Kini Punya Dua Bandara Hebat

20 Maret 2019   00:20 Diperbarui: 21 Maret 2019   13:33 0 9 1 Mohon Tunggu...
Jawa Barat Kini Punya Dua Bandara Hebat
Bandara Kertajati / Foto Antara

Warga Jawa Barat kini bisa berbangga karena sudah memiliki dua tambahan bandara hebat. Pertama adalah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dan kedua Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Bandara Internasional Kertajati
BIJB Kertajati sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sejak Mei 2018 silam. Bandara yang menjadi bandara kedua terbesar setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta ini menelan biaya sebesar Rp2,6 triliun. 

Bagi warga Jawa Barat jelas ini akan menjadi berkah. Pertama, warga Jawa Barat yang hendak berangkat haji tak perlu lagi ke Jakarta melainkan bisa lebih dekat ke Majalengka. Memangkas waktu dan mengurangi kepadatan di Bandara Halim dan Soekarno Hatta.

Kedua, hadirnya BIJB Kertajati akan memberikan dampak ekonomi. Kapasitas BIJB Kertajati diperkirakan sekitar 5,6 juta penumpang pertahun. Jelas ini jadi potensi sekaligus tantangan karena masih banyak tempat wisata menarik di Jawa Barat yang belum banyak diketahui orang. 

Seperti di Majalengka sendiri ada beberapa mata air yang tak kalah menarik seperti di Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah. Dengan memanfaatkan dana desa, Umbul Ponggok berhasil meraup Rp14 miliar per tahun. 

Artinya warga Jawa Barat bisa mengadopsi kesuksesan Umbul Ponggok Klaten menarik wisatawan menikmati wahana mata air atau berfoto di dalam air dengan foto-foto yang Instagramable.

Yang paling dekat tentu saja layanan mudik jadi lebih mudah. Dengan hadirnya BIJB Kertajati, penumpang bisa terbang ke sejumlah daerah tanpa harus ke Jakarta terlebih dahulu yang kini memang cukup padat karena pembangunan LRT serta Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Rencananya, tidak hanya diintegrasikan dengan tol Cipali melainkan disambungkan dengan akses kereta yang memudahkan perjalanan penumpang dari dan menuju BIJB Kertajati seperti layanan kereta bandara di Jakarta maupun di Medan. 

Jarak tempuh dari Jakarta pun hanya memakan waktu 2 jam saja. Pemerintah berencana membangun rute dari Stasiun Gambir ke Kertajati sehingga lebih memudahkan penumpang yang hendak ke Bandara Kertajati. 

Untuk saat ini memang baru terdapat lima rute penerbangan yaitu: 

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    VIDEO PILIHAN