Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Content creator, Full Time Blogger, Freelancer, SEO Geek. For inquiries contact me dzulfikar.alala[at]gmail[dot]com | bangdzul.com

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

[Video] Resep Video Youtube Ditonton Banyak Orang

8 Oktober 2018   17:49 Diperbarui: 10 Oktober 2018   15:20 800 0 0


Video saat saya ikut tour besama Kompasiana ke pabrik TVS di daerah Cikarang ini termasuk salah satu video paling populer di channel Youtube saya. Oh ya sebelum saya lanjutknya, Anda bisa subscribe dulu channel saya di sini.

Mengapa video ini sangat populer?

Hingga saat ini, viewnya sudah mencapai 93 ribu. Padahal video ini saya unggah 2 tahun yang lalu. Untuk ukuran channel dengan jumlah subscribe di bawah 500, tentu saja ini pencapaian yang tidak mudah.

Ada dua hal yang menurut saya mengapa video ini menjadi cukup populer. Pertama, saya mencantumkan click bait di judul video. Judul video saya tuliskan "Gaya-gayaan Motor TVS Uji Kekuatan, Ternyata..." Kalimat tersebut memang sengaja tidak saya selesaikan. Harapannya memang agar banyak mengundang penasaran.

Selain itu saya dukung dengan gambar thumbnail (cover video) yang menunjukkan cuplikan video saat motor TVS diuji kekuatannya. Thumbnail juga punya pengaruh yang sangat besar bahkan lebih besar daripada judul click bait tadi. Satu lagi saya tambahkan juga teks di thumbnail untuk memperkuat rasa penasaran penonton. "Patah atau Bengkok? Ternyata..."

Dua elemen penting tersebut saya rasa masih cukup relevan untuk mendulang views di Youtube. Alogaritma Youtube saat ini masih saya anggap kurang cerdas. Berbeda dengan alogaritma Google Search yang sudah mulai menyaring judul-judul bombastis yang bisa dianggap spamming.

Asumsi saya ini masih cukup relevan dengan kondisi Trending Video di Youtube. Coba saja Anda perhatikan pola video-video yang trending di Youtube saat ini masih banyak yang memainkan pola click bait dan thumbnail yang membuat penonton jadi makin penasaran.