Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Content creator, Full Time Blogger, Freelancer, SEO Geek. For inquiries contact me delapanempat@gmail.com | dzulfikaralala.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Alasan Mengapa UMKM Perlu Google Bisnisku

3 Maret 2018   07:08 Diperbarui: 4 Maret 2018   22:55 437 2 1
Alasan Mengapa UMKM Perlu Google Bisnisku
Sumber: Whixmedia.com

Punya temen yang memilih resign jadi koki. Ia akhirnya melanjutkan bisnis mertuanya jualan Asinan Betawi.

Namanya anak muda, dia gerak cepat. Mulai mendaftarkan produknya lewat go food, menjual lewat marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Hasilnya lumayan banyak yang pesan lewat Go food.

Kemudian saya sarankan untuk membuka akun bisnisku Google. Sederhana sih, dengan mendaftarkan bisnisnya lewat Google akan membuat bisnisnya semakin mudah ditemukan lewat pencarian.

Sebulan berlalu ternyata dia masih belum membuka akun bisnisku Google. Padahal saat itu saya hanya iseng bertanya.

Mungkin karena merasa tak enak, akhirnya dia bikinlah akun dengan mengunduh aplikasinya melalui Play Store. Pendaftarannya sangat mudah kok.

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Nah, pagi ini tiba tiba dia kirim sepaket asinan untuk saya. Pasalnya ternyata sudah ada beberapa pelanggan baru yang datang ke rumahnya langsung untuk membeli asinan. Maklum, memang usahanya masih rumahan.

Karena penasaran, ia kerap bertanya dari mana mereka tahu alamat rumahnya dan informasi tentang asinannya.

Rata rata menjawab,

"Ya saya googling aja mas cari asinan. Eh ketemunya asinan Bu Siti ini. Karena penasaran jadi saya coba deh datang ke sini"

Setelah ada tiga pelanggan yg datang gara gara Google Bisnisku barulah dia sadar betapa pentingnya Google Bisnisku sebagai brand awareness yang paling efektif, mudah dan tanpa biaya sama sekali.

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Mungkin merasa beruntung saya desak terus untuk membuat akun itu, akhirnya malah saya yang ketiban rezeki hahahaha....

Ilmu digital marketing buat umkm seperti ini memang perlu disebarkan karena masih banyak yang belum tahu manfaatnya...

Nanti kalau sudah saya kasih tahu manfaatnya SEO untuk bisnis, bisa bisa dapet Asinan Betawi tiap bulan nih hahahahaha.

Baiklah, cara untuk mengisi google bisnisku sangatlah mudah. Yang jelas, dibutuhkan alamat lengkap tempat dimana bisnis dijalankan. 

Google bisnisku perlu diklaim oleh si pemilik dengan mengirimkan permohonan kepada google. Jika mendaftarkan usaha menggunakan aplikasi di handphone ada kemungkinan proses verifikasi hanya dengan menggunakan kode verifikasi yang dikirim melalui nomor hp yang didaftarkan atau juga melalui email. 

Bedanya, jika mendaftarkan melalui laptop, umumnya proses verifikasi dikirim melalui surat dari Singapura. Itulah sebabnya proses pengiriman biasanya membutuhkan waktu kira-kira selama dua minggu.

Oke, di postingan berikutnya akan saya jelaskan bagaimana langkah-langkahnya. Kalau tertarik belajar SEO untuk UKM bisa cek kelasnya di sini