Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kurio, Aplikasi Berita Andalan yang Bisa Dipertanggungjawabkan

12 September 2017   22:01 Diperbarui: 12 September 2017   22:27 1934
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mas Edi terlihat bingung mengotak atik hapenya. Padahal hapenya tergolong baru dan sudah memiliki koneksi 4G. Tapi Edi merasa hapenya bermasalah. 

Lalu saya dekati tetangga saya ini sambil basa-basi. "Kenapa mas? Kok kayaknya sampeyan kesel banget sama hapenya? Bukannya itu hape baru ya?" tanya saya sambil duduk di sampingnya.

"Ini mas, hape saya memang baru tapi saya bingung kok lemot banget ya? Padahal saya gak pernah main game lho!" tuturnya.

Sebagai bentuk empati, saya menawarkan bantuan sekadarnya. Mas Edi ini seorang wiraswasta yang memiliki jasa frame. Itu loh tukang bingkai. Usahanya cukup maju. Meskipun usaha dikerjakan di rumah, tapi penghasilannya jauh melampaui penghasilan saya yang masih kuli ini.

Dengan modal pengetahuan alakadarnya tentang Android, saya coba cek hapenya mas Edi. Saya mencoba memeriksanya mulai dari kapasitas memori hingga kapasitas penyimpanan. Biasanya hape lemot itu gara-gara kebanyakan file yang sebetulnya tidak selalu digunakan. Persis kayak tablet anak saya yang isinya game sama video youtube semua. 

Dari pengalaman itu saya sudah bisa menebak-nebak. Jangan-jangan hape mas Edi memang bermasalah karena kapasitas penyimpanannya yang sudah penuh.

Setelah mengotak-ngatik beberapa saat, ternyata benar dugaan saya. Hape mas Edi terlalu banyak menyimpan aplikasi berita. Aplikasi berita yang digunakan cukup banyak mulai dari detik.com, kompas.com sampai republika.co.id pun diunduhnya. Belum lagi dengan aplikasi lain yang membutuhkan kapasitas memori cukup besar seperti Facebook Apps dan Google Maps.

Akhirnya saya minta izin untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan. Kemudian selanjutnya menghapus aplikasi yang terlalu banyak dengan aplikasi pengganti yang lebih ringkas tapi memuat semua berita.

"Ini loh mas, kalau mau baca berita tinggal pakai Kurio saja" tutur saya sambil sedikit promosi.

"Emang apa sih keunggulannya?" tanya mas Edi balik.

Tampilan fresh dan simple (dok.pri)
Tampilan fresh dan simple (dok.pri)
"Mas Edi gak perlu lagi unduh beberapa aplikasi berita mas. Cukup  Kurio aja sudah menampung beberapa berita dari kompas.com, detik.com,  republika.co.id, liputan6.com, merdeka.com dan masih banyak lagi mas.  Keuntungannya, mas Edi hanya cukup mengunduh satu aplikasi untuk  mendapatkan semua berita itu"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun