Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Content Creator

SEO Content Writer yang mencoba menafsirkan ide dengan kumpulan kata yang sederhana. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan menvisualisasikannya di vlog youtube.com/dzulfikaralala

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Siaran Langsung Menggunakan Google Hangouts Air #1

19 Maret 2014   14:34 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:45 581 6 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siaran Langsung Menggunakan Google Hangouts Air #1
info.recruitingdivision.com

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="info.recruitingdivision.com"][/caption] Saat kunjungan ke kantor Google Indonesia lalu, saya mendapatkan sebuah ilmu baru yang sudah pasti bermanfaat. Perkembangan teknologi yang di kembangkan Google memang sangat memukau. Salah satunya yang akan saya bahas adalah Google Hangouts Air. Apa sih Google Hangouts? Google Hangouts adalah fasilitas video call para pengguna Google Plus seperti halnya Skype. Tentu syarat utamanya kita harus memiliki akun google plus. Hampir setiap hari kita menggunakan produk Google, mulai dari situs pencarian, email, penyimpanan bahkan situs Youtube untuk berbagai kepentingan.

Nah, sekarang dengan hadirnya Google Hangouts Air dan perkembangan Youtube yang semakin signifikan, Google mengembangkan fasilitas Google Hangouts Air. Fasilitas ini membuat setiap orang seolah memiliki stasiun TV Sendiri. Sedangkan Channelnya adalah akun kita di Youtube. Jadi kita benar-benar bisa siaran langsung melalui video secara live dan langsung bisa di lihat melalui situs Youtube secara realtime. Hebat bukan? Keuntungannya lagi, siaran langsung via Google Hangouts Air ini langsung terupload secara otomatis ke halaman youtube kita. So kita tidak perlu kerja berkali kali seperti biasanya mulai dari memindahkan data dari kamera kemudian menguploadnya ke Youtube. Dengan kemudahan ini kita bisa langsung share saja link video livenya di berbagai social media atau memberikan embed video di blog kita agar bisa di tonton secara live. Tidak menutup kemungkinan, kita tidak perlu mengundang TV Swasta Nasional lagi kedepan nanti jika kita memilikia acara di sekolah. Semua live dan bisa tersimpan secara realtime dalam halaman channel youtube kita. Simple bukan? Google mengklaim bahwa fasilitas live ini bisa berjalan tanpa henti sampai dengan 8 jam. Pada artikel berikutnya saya akan memberikan panduan sederhana bagaimana langkah-langkah agar bisa on air menggunakan Google Hangout Air ini. Kedepan jika memang internet sudah merata di seluruh pelosok Indonesia, ruang kelas sudah tidak diperlukan lagi. Karena dari manapun guru bisa melakukan siaran live yang bisa di saksikan oleh semua muridnya dari seluruh penjuru dunia. Ini adalah salah satu contoh siaran live yang sudah tersimpan dalam halaman channel youtube saya. Cekidot.

Salam Hangat @DzulfikarAlala

VIDEO PILIHAN