Mohon tunggu...
Fika CaturFitriyanti
Fika CaturFitriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Matematika FMIPA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Covid-19 melalui Budidaya Ikan dalam Ember di Desa Raguklampitan, Batealit, Jepara

25 Juli 2020   07:22 Diperbarui: 27 Juli 2020   09:10 30 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Covid-19 melalui Budidaya Ikan dalam Ember di Desa Raguklampitan, Batealit, Jepara
Dok. pribadi

PRESS RELEASE

KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19

Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) merupakan salah satu kegiatan KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 yang diadakan di Desa Raguklampitan RT 25, RW 05, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Mengusung tema supporting pemahaman masyarakat terhadap COVID-19, kegiatan ini dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang lain dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai COVID-19. Budikdamber dinilai mampu mengatasi kebosanan warga yang diliburkan dari pekerjaannya sebagai dampak dari adanya COVID-19 sehingga kebiasaan warga yang semula sering berkumpul-kumpul menjadi berkurang.

Melalui program Budikdamber ini, Fika Catur Fitriyanti dengan pembimbing Murni Ramli, S.Pd., M.Si., Ed.D. berpartisipasi dalam KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 Universitas Sebelas Maret yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2020 sampai dengan 17 Juli 2020. Dalam pembuatan Budikdamber ini, mahasiswa dibantu oleh beberapa warga desa dan sekaligus memberikan sosialisasi bagaimana cara pembuatan Budikdamber. Selain itu sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat setelah program ini terlaksana melalui tanya jawab secara langsung. Respon yang diberikan masyarakat terhadap program ini cukup baik, dilihat dari keingintahuan warga sekitar mengenai apa itu Budikdamber dan beberapa warga yang mulai membuatnya di rumah.

Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kebosanan dan mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Selain itu, program Budikdamber ini juga diharapkan mampu mengatasi solusi pangan dalam skala rumah tangga dimasa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

VIDEO PILIHAN