Mohon tunggu...
Fika Adelia
Fika Adelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Administrasi Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Marketing Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 pada Pelaku UMKM di RW 07 Kelurahan Tugu Selatan Jakarta Utara

20 Agustus 2022   01:15 Diperbarui: 20 Agustus 2022   01:19 996
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Maka dari itu dalam rangka meningkatkan ekonomi di Indonesia kami selaku mahasiswa KKN kelompok 9 universitas 17 Agustus 1945 mengadakan kegiatan soalisasi dan pembelajaran untuk meningkatkan UMKM di Indonesia. Kegiatan ini bermitra pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah Tanah Merah, RW 007, Kelurahan Tugu Selatan. UMKM termasuk mata pencarian utama bagi beberapa masyarakat setempat. Akan tetapi strategi pemasaran UMKM mereka masih sangat minim, warga setempat hanya melakukan kegitan UMKM melalui toko offline dengan target pasar yang sedikit. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu, itu perlu diberikan bantuan untuk pelatihan umkm setempat mengenai bagaimana memasarkan UMKM melalui digitalisasi marketing sehingga pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi.

Perkembangan usaha dagang sangat pesat pada masa perdagangan bebas seperti saat sekarang. Persaingan global ini memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dimana konsumen semakin mempertimbangkan biaya, nilai dan manfaat dari sebuah produk. Perkembangan perdagangan dunia menuntut usaha-usaha yang sudah ada untuk tetap dapat bertahan agar dapat bersaing dengan usaha-usaha yang akan bermunculan dan tetap terus memperoleh keuntungan. Potensi masyarakat Indonesia terutama berkaitan dengan usaha perdagangan sangatlah pesat pada era sekarang, terbukti dengan semakin dibukanya pasar bebas, tehnologi komunikasi informasi ke arah komunikasi bisnis, digital marketing sampai istilah kewirausahaan digital sejak tahun 2015. Kemunculan transportasi angkut berbasis aplikasi, dan berkembangnya "lapak" berbassis online tumbuh bak jamur di tengah masyarakat Indonesia

 Dok. pembuatan kerajinan dari bahan bekas. (dokpri)
 Dok. pembuatan kerajinan dari bahan bekas. (dokpri)

 Dok. pembuatan kerajinan dari bahan bekas. (dokpri)
 Dok. pembuatan kerajinan dari bahan bekas. (dokpri)

Pada gambar diatas para mahasiswa dan warga setempat mempraktekan pemanfaatan barang bekas dari plastik menjadi sebuah prakarya yang bisa dipasarkan atau di promosikan di media sosial atau digital marketing dengan kreatifitas dan inovasi yang menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan di era saat ini tentunya bisa menjadi value bagi produk tersebut.

Metode pelaksanaan kegiatan kkn ini menggunakan metode sosialisasi dengan memberikan pemahaman yang bersifat menggugah masyarakat. Sosialisasi ini menjelaskan terkait digitalisasi dalam pengembangan UMKM. Pemateri memberikan penyuluhan dan tutorial terkait penggunaan digital marketing. Kegiatan kkn ini di laksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 yang diikuti oleh 23 warga setempat,. Kegiatan kkn ini sisi oleh 3 narasumber yaitu bapak Muhammad Ulul Albab.,M.A, Ibu Endyastuti Pravitasari, SST., MBA., dan Yohanna Riris Fransiska.

 (dokpri)
 (dokpri)

Kegiatan sosialisasi atau penyuluhan terkait Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Kegiatan UMKM di Era Digital Marketing di RW 07 Kelurahan Tugu Selatan Jakarta Utara memunculkan minat serta antusiasme masyarakat salah satunya dalam melakukan pemanfaatan digitalisasi untuk mengembangkan UMKM. Masyarakat juga mengakui bahwa selama ini belum mampu untuk mengoperasikan media sosial atau media digital lainnya sebagai salah satu jalur distribusi produknya. Selama ini masyarakat hanya memikirkan bahwa kegiatan wirausaha ala kadarnya tanpa ada pengembangan strategi marketing melalui digital. Tutorial yang dilakukan oleh narasumber juga memberikan pengalaman kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa percaya diri dan berani untuk mulai terjun ke digitalisasi marketing. Hal tersebut yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penting dan mudahnya penggunaan digitalisasi atau media sosial sebagai sarana pengembangan UMKM.

 (dokpri)
 (dokpri)

 (dokpri)
 (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun