Mohon tunggu...
Fihir Alkautsar
Fihir Alkautsar Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN "Veteran" Jawa Timur

Mahasiswa S1 Arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Presentasi "Elevator Pitch" - Program MBKM

1 Juli 2022   03:26 Diperbarui: 1 Juli 2022   03:37 145 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Ruang Desain Melakukan Presentasi ke Client. Dokpri

SURABAYA -- MBKM Magang adalah salah satu mata kuliah berbasis "Merdeka Belajar-Kampus Merdeka", dengan sistem magang di perusahaan, yang memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa yang mengambilnya.

 Program magang Mbkm merupakan bentuk upaya mahasiswa untuk melatih sebagai karyawan, terutama sebagai arsitek junior di sebuah perusahaan, yang ilmunya tentu akan berguna selama kelulusan dan bekerja di perusahaan, harus memiliki soft skill dan hard skill dalam bekerja dengan proyek arsitektur.

Program MBKM Magang yang dipilih yaitu program Magang Mandiri dengan perusahaan yang membuka untuk bekerja sama dengan pihak. 

Nama perusahaan yang dituju adalah CV. Ruang Desain. CV. Ruang Desain merupakan perusahaan komanditer yang bergerak di bidang Arsitektur dan berkonstruksi pada wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Salah satu tujuan dari Program MBKM-Magang Mandiri adalah untuk mengajarkan soft skill kepada mahasiswa perorangan dari UPN "Veteran" Jawa Timur sehingga dapat mempersiapkan masyarakat siap menghadapi dunia kerja. Dunia kerja tentu membutuhkan beberapa aspek soft skill yang dibutuhkan baik untuk bekerja dengan klien maupun dengan perusahaan.

Aspek soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah integritas, kreatif, dapat berfikir kritis, leadership, kerja sama tim, etos kerja. Sedangkan soft skill yang dibutuhkan untuk bekerja dengan klien adalah :

  • Bernegosiasi

Dalam negosiasi dengan klien, negosiator yang baik berarti kemampuan untuk persuasif dan menggunakan pengaruh dengan benar, sambil menemukan solusi yang akan menguntungkan semua pihak.

  • Komunikasi

Dalam dunia kerja, tidak ada yang bekerja sendirian. Komunikasi harus dibuat atas dasar timbal balik antara karyawan dan pelanggan.

  • Teknik Presentasi

Presentasi merupakan berkomunikasi dengan efektif untuk menyampaikan sebuah informasi. Pada saat presentasi, analis dapat menyampaikan analisis, desain dan implementasi pengembangan sistem kepada stakeholder secara langsung dan interaktif. 

Metode dan desain presentasi harus dapat dipahami oleh analis sistem agar dapat menyampaikan informasi tentang pengembangan sistem informasi dengan jelas dan efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan