Mohon tunggu...
Fifin Nurdiyana
Fifin Nurdiyana Mohon Tunggu... Administrasi - PNS

PNS, Social Worker, Blogger and also a Mom

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Jangan Mudah Mengeluh, Begini Menghadapi Fase Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru

19 Maret 2022   16:08 Diperbarui: 20 Maret 2022   02:00 919
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Adaptasi dengan rekan kerja penting dilakukan.| Sumber: g-stockstudio via Kompascom

Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang mengeluh tentang pekerjaan dan lingkungan kantornya. Padahal ia baru saja diterima menjadi karyawan di kantor tersebut. 

Alih-alih bersyukur sudah diterima kerja di situasi yang serba sulit ini, ia malah mengeluhkan banyak hal yang membuat saya mengernyitkan dahi. Apa memang seberat itu keadaannya, sampai ia harus mengeluh ?

"Aku gak nyaman...teman-teman kantor banyak yang julid..."

"Banyak banget kerjaan, capek banget!"

"Salah dikit aja atasanku udah marah...kesel jadinya!"

"Masa aku disuruh ngantar dokumen yang lokasinya jauh...mana naik sepeda motor...siang-siang panas!"

Bla bla bla

Begitulah curhatan bernada keluhan yang kerap diceritakan pada saya. Terlepas benar atau tidaknya, saya tetap menganggap itu hanya sekelumit cerita versi teman saya. Saya tidak serta merta membenarkan atau menyalahkannya keluhannya, sebab saya sendiri tidak mengetahui secara langsung kondisi yang sebenarnya.

Saya hanya berusaha memberi masukan yang menyemangati, agar teman saya dapat keluar dari situasi yang tidak nyaman tersebut.

"Kamu kan baru masuk kerja, setidaknya itu dulu yang harus disyukuri... hargai perjuanganmu selama ini mencari kerja..."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun