Mohon tunggu...
Fidia Wati
Fidia Wati Mohon Tunggu...

Cerita khas emak emak http://omahfidia.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Si Kecil Sejuta Manfaat

14 Maret 2015   13:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:40 100 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Si Kecil Sejuta Manfaat
1426322959335223897




[caption id="attachment_402791" align="aligncenter" width="609" caption="Ilustrasi, Chia Seeds (chiaseedspot.com)"][/caption]

Akhir –akhir ini cuaca di tempat kami panas sekali. Keringat keleleran kemana-mana, membuat tubuh basah kuyup. Sungguh tak mengenakkan, apalagi tenggorokan berontak minta dibasahi tdan efeknya membuatku harus bolak balik ke kamar mandi. Fiuh

Panas panas gini, semangkuk es buah atau es degan sungguh menggoda selera, tapi yach dasar saya orangnya males keluar kalau cuaca lagi panas. Mending kubuat angkrem dirumah sambil membuat sesuatu yang menyegarkan. Hmmm apa ya? Mo ngejus..tadi pagi udah, ah napa nggak buat salad buah saja. Segeralah ku potong – potong buah semangka dan alpukat yang ada dirumah. Karena lagi murah meriah tentu saja saya memiliki stok beberapa buah alpukat, lumayanlah buat variant salad, jus atau crème saos. Selain itu alpukat bisa di buat masker rambut, wajah atau lulur badan yang biasanya dicampur dengan kopi kesukaanku. Rasanya enak banget kalau habis luluran. Badan jadi tambah halus. Eh…kok malah ngelantur nih ceritanya…wkwkwkwkwk dasar emak-emak bicaranya sering keluar rel.

Well, setelah salad buah maka tambahkan sesendok makan Chia Seed. Biji apaan sih itu? Rasanya gimana? Enak nggak? Husss jangan banyak - banyak dunk nek nanyanya.

Berawal dari browsing resep healthy green smooties. Disitu ada beberapa resep green smooties yang ada chia seed. Yang konon katanya merupakan salah satu super fooddan banyak sekali manfaatnya. Chia Seed berasala dari America latin dan menurut huffington post manfaatnya sebagai berikut:



Mengobati Diabetes
Chia sedang dipelajari sebagai pengobatan alami yang potensial untuk diabetes tipe-2 karena kemampuannya untuk memperlambat pencernaan. Agar-agar lapisan biji chia berkembang bila terkena cairan-dapat sehingga mencegah lonjakan gula darah.


Mengandung Serat
Hanya 28 gram atau satu ons porsi chia memiliki 11 gram serat makanan - sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Menambahkan beberapa chia untuk diet Anda adalah cara mudah untuk memastikan mendapatkan jumlah yang serat yang baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Mengandung Omega 3
Biji chia yang dikemas dengan asam lemak omega-3, dengan hampir lima gram dalam porsi satu-ons. Lemak ini penting untuk kesehatan otak. "Ada konversi yang lebih baik dari omega 3s ke plasma atau ke makanan dibandingkan dengan biji rami," kata peneliti Wayne Coates.

Membuat Gigi dan tulang kuat
Satu porsi biji chia memiliki 18 persen dari asupan harian untuk menjaga tulang dan kesehatan gigi dan mulut, dan mencegah osteoporosis.

Mengandung Mangan
Mangan bukanlah nutrisi yang terkenal, tetapi penting bagi kesehatan kita: itu baik untuk tulang dan membantu tubuh menggunakan nutrisi penting lainnya seperti biotin Anda dan thiamin. Satu porsi biji chia, atau 28 gram, memiliki 30 persen dari asupan yang direkomendasikan .


Mengandung Fosfor
Dengan 27 persen dari nilai harian untuk fosfor, biji chia juga membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor juga digunakan oleh tubuh untuk mensintesis protein untuk sel dan jaringan pertumbuhan dan perbaikan.


Mengandung Protein
Biji chia juga membuat sumber protein untuk vegetarian dan tidak memiliki kolesterol apapun. Satu 28-gram porsi super ini biji memiliki 4,4 gram protein, hampir 10 persen dari nilai harian.

Melawan perut buncit
Menstabilkan efek Chia pada gula darah juga perkelahian resistensi insulin yang dapat dikaitkan dengan peningkatan lemak perut, yang bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Mengandung Trytophan
Tryptophan, asam amino yang ditemukan di Turki, juga ditemukan dalam biji chia. tryptophan merupakan senyawa yang kemudian terbentuk menjadi serotonin dan melatonin yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Saat terjaga terjadi perkembangan otak melalui stimulasi endogenous dan konsolidasi memori. , juga membantu mengatur nafsu makan, tidur dan meningkatkan mood.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut Cleveland Clinic, biji chia telah terbukti meningkatkan tekanan darah pada penderita diabetes, dan juga dapat meningkatkan kolesterol sehat sambil menurunkan total, LDL, trigliserida dan kolesterol. Semua kabar baik bagi jantung

Jadi makin tertarik pingin nyoba nyicipin kek apa sih rasanya. Baru deh nyari info sana sini. Kaget poll ketika lihat gambar di internet bentuknya mirip biji selasih, yang sering kubuat campuran es buah atau puding pada saat ramadhan. Eh jangan-jangan ini memang biji selasih yang namanya di inggrisin. Hadeh daripada main tebak tebakan manggis. Ku belilah chia seed di olshop. Maklumlah di kota kecil kami nggak ada yang jual chia seed kebanyakan dagang bakso, soto rawon sama pecel. Untuk membuktikan apakah Chia seed sama dengan biji selasih.

Dan ternyata Chia seed itu sangat berbeda jauh dengan biji selasih. Warna Chia seed sedikit keabu abuan, sedangkan selasih warnanya hitam.Dan gludak! Saya surprised, ternyata biji Selasih juga nggak kalah bermanfaat dengan Chia Seed. Manfaatnya antara lain untuk :mengatasi sembelit, menyembuhkan flu, mengobati diabetes, menurunkan kolesterol, mengenyangkan karena mengandung fiber,meringankan gangguan pernafasan,menghilangkan stress dan mengobati infeksi kulit.

Sama dengan Biji selasih, Chia Seed juga sama sama nggak berasa bila dicampur ke makanan, salad, pudding atau jus.

Y owes gini aja dulu

Bon appetite




[caption id="attachment_355453" align="aligncenter" width="300" caption="foto punya dewe"]

14263144731788052015
14263144731788052015
[/caption]





Sumber bacaan :

http://www.huffingtonpost.ca/2013/06/03/chia-seed-benefits-_n_3379831.html

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2013/07/22/991/Biji-Selasih-Kecil-Berkhasiat

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x