Mohon tunggu...
Fida Dinar Fauziyah
Fida Dinar Fauziyah Mohon Tunggu...

I'm Still LearningšŸ˜Š

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Tradisi Unik Sholat Tarawih Pukul 2 Pagi

8 Mei 2019   03:58 Diperbarui: 8 Mei 2019   04:25 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tradisi Unik Sholat Tarawih Pukul 2 Pagi
Dokpri

Bulan ramadhan, merupakan bulan kesembilan dalam kalender hijriah yang menjadi salah satu bulan istimewa bagi umat muslim. Pada bulan ramadhan, umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh sebagai salah satu rukun islam.

Selain itu, dalam bulan ini terdapat sunnah-sunnah yang tentunya sangat dianjurkan bagi umat muslim, salah satunya yakni sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan hanya selama bulan ramadhan dan biasanya dilakukan secara berjamaah selepas sholat isya'.

Namun di salah satu pesantren di Sidoarjo, ada yang berbeda dalam pelaksanaan sholat tarawih tersebut. Pesantren modern al-amanah yang terletak di desa Junwangi kecamatan Krian ini memiliki tradisi yang unik yakni melaksanakan sholat tarawih berjamaah pada pukul 02.00 pagi. Sholat tarawih jamaah ini wajib diikuti oleh seluruh santri dan santriwati dan juga seluruh ustadz maupun ustadzah.

Setiap pukul 02.00 pagi di bulan ramadhan, para santri dan santriwati akan dibangunkan dengan serentak. Setelah itu mereka haruslah segera bergegas menuju masjid (bagi santri putra) dan musholla (bagi santriwati). Shalat tarawih dilaksanakan sebanyak 20 rakaat serta 3 rakaat sholat witir.

Tak jarang terlihat pemandangan yang menggelitik dan menarik, yakni saat para santri yang harus menahan kantuk saat berlangsungnya sholat tarawih. Tak sedikit santri yang tertidur ditengah sholat berlangsung, terutama saat gerakan sujud, sehingga membuat mereka tidak kunjung bangun dari sujudnya. Hehehe lucu yaaa :)

img-20190508-035240-5cd1f05c3ba7f7625a121922.jpg
img-20190508-035240-5cd1f05c3ba7f7625a121922.jpg
Menurut Ustadzah Narivo salah seorang ustadzah di pesantren modern al-amanah, tujuan dari kegiatan tarawih pada pukul 02.00 ini adalah selain mempertahankan tradisi, yakni untuk membiasakan para santri dalam melakukan qiyamul lail, selain itu setelah sholat tarawih para santri bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan sholat sunnah lainnya maupun membaca al qur'an. Setelah itu mereka bisa melakukan sahur lalu sholat subuh berjamaah.

Sangat menarik bukan?? Mungkin kalau kita sendiri yang disuruh melakukan itu, pasti akan terkalahkan dengan nyamannya sang kasur hehehe. Jadi, Santri Junwangi memang hebat!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x