Mohon tunggu...
Alifian Sulaeman
Alifian Sulaeman Mohon Tunggu... Tentara - Membuka lembaran baru

Di mulai dari hal kecil.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Semangat Sutomo

7 Februari 2020   10:33 Diperbarui: 7 Februari 2020   10:54 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setelah saya membaca biografi Sutomo, saya merasakan banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil. Bukan hanya tentang perjuangan untuk negara tetapi juga perjuangan untuk keluarga, beliau membuat saya terkesan dengan semangat yang selalu membara dan etika yang baik yang beliau miliki. Bukan hanya semangat yang dikeluarkan untuk membela negeri ini, tetapi semangat untuk membantu kehidupan keluarganya juga, ia telah mengorbankan tenaganya demi keluarga dan negara.     

Sutomo atau biasa disebut Bung Tomo memiliki karakter yang harus kita patut contoh. Sikap semangat dan pemberani nya menjadi cerminan saya bahwa jika sutomo bisa mengapa saya tidak?. Keberanian beliau membuktikan bahwa pemuda Indonesia memiliki jiwa yang berani dan tidak takut apapun, lalu dibakar oleh semangat yang mereka miliki. 

Begitulah cerminan keberanian dan semangat yang beliau miliki untuk membebaskan negeri ini dari penjajah.     Pendidikan yang beliau dapatkan dan didikan yang diberikan orang tuanya membuat Bung Tomi dan didikan yang diberikan orang tuanya membuat Bung Tomo semakin terlihat sebagai prajurit yang kuat. Semangat belajar yang dia miliki sejak kecil, membuat dirinya diisi oleh pengetahuan yang baik dan mampu menopang dirinya.

Beliau juga memiliki kasih sayang yanh besar terhadap keluarganya. Disaat keluarga nya kesusahan Bung Tomo selalu siap membantu, disaat pulang sekolah beliau membantu perokonomin keluarga nya dengan berdagang. Di saat anak-anak lain bermain, dia masih sibuk berdagang tetapi tidak membuat dirinya merasa malu atau minder, dia tetap semangat membantu keluarganya.

Harapan saya setelah membaca biografi Bung Tomo adalah semoga saya bisa memiliki semangat dan keberanian yang sama. Karena dengan semangat ini bisa membuat saya semakin berusaha untuk mengejar cita-cita dan berani mengambil segala resiko untuk meraihnya. Banyak sekali manfaat bagi saya semoga bermanfaat juga untuk para pemuda di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun