Mohon tunggu...
Fian Muhammad
Fian Muhammad Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Bisnis di Era Pandemi

21 Januari 2021   09:18 Diperbarui: 21 Januari 2021   09:32 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TEMA - PERUBAHAN KOMUNIKASI BISNIS DI MASA PANDEMI

Pandemi covid 19 membuat kekacauan dalam tatanan kehidupan manusia, yang paling dirasakan adalah di dunia perkonomian, perdagangan bahkan bisnis hampir semua mengalami kemerosotan bahkan tak sedikit yang gulung tikar sampai frustasi hingga pulang ke kampung halaman. Lapangan kerja menyempit karena menurunya permintaan konsumen hingga PHK  (Putus hubungan kerja) terjadi hampir di setiap perusahaan dengan alasan yang hampir sama.

Tak hanya sampai disitu pemotongan gaji karyawan pun begitu dirasakan, para pemilik perusahan memberi pilihan kepada karyawan mereka untuk tetap bekerja namun di potong gaji atau di PHK, hal tersebut membuat karyawan gigit jari, bahkan tak sedikit pasangan suami istri  yang memilih bercerai karena dirasa tak sanggup membiayai keluarga. maka dari itu tidak sedikit orang yang di phk membuka usaha sendiri dengan berbagai kemampuan mereka dan modal seadanya. 

Disamping itu para pembisnis yang mengalami kemerosotan dalam berdagang banyak dari mereka mengubah cara berdagang nya dengan berbagai strategi yang mereka mampu.

berikut beberapa strategi  bisnis  yang bisa di terapkan oleh para pembisnis di masa pandemi ini seperti:

   1. Discount dan promo

Discount dan promo dapat menjadi opsi bagi para pembisnis yang menjaual fashion atau barang lainya, strategi tersebut dirasa menarik di tengah pandemi, karena di tengah kemerosotan ekonomi para konsumen akan tetap membeli kebutuhan yang aman di kantong karena tidak terlalu banyak menguras dompet, bagi para penjual pun mereka tidak akan merasa di rugikan karena dengan strategi seperti ini penjual akan menurunkan harga walaupun keuntungan yang di dapat tidak sebesar sebelumnya hal tersebut dirasa baik untuk memperbaiki perekonomian karena penjual dapat menurunkan resiko gulung tikar.

 2. Mempertahankan konsumen tetap

Mempertahankan konsumen tetap bisa menjadi pilihan untuk para distributor bahan pokok, karena pemasukan akan tetap walaupun waktu penjualan akan melambat karena konsumen yang membeli bahan pokok mulai menurun, namun cara tersebut juga dapat menghindari pemilik distributor dari kebangkrutan.

3. Memperhatikan kualitas barang dan kejaminan dari harga.

 di masa pandemi tentunya konsumen akan lebih berhati-hati dalam membeli barang yang mereka beli, konsumen akan memperhatikan kebersihan toko dan orang-ornag yang melayani di toko tersebut, tentunya hal tersebut harus menjadi perhatian lebih dari pemilik bisnis tersebut, dengan cara memberlakukan jaga jarak di tempat berjualan nya dan menyediakan tempat mencuci tangan atau sanitizer, hal tersebut akan memberikan kepercayaan kepada konsumen untuk membeli di toko tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun