Mohon tunggu...
Fian Fian
Fian Fian Mohon Tunggu... Si vis pacem, para bellum

Qui ascendit sine labore, descendit sine honore

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

8 Ragam Pondok Pesantren dan Jadilah Santri yang Kamu Banget

7 November 2019   07:30 Diperbarui: 7 November 2019   15:51 304 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Ragam Pondok Pesantren dan Jadilah Santri yang Kamu Banget
gontor.ac.id

Ayo Mondok di tempat yang kamu minati! Jadi Santri dan Tinggal di Pondok? Siapa Takut! 

Banyak orang yang salah kaprah dan hanya melihat sebuah pesantren dari sebelah kacamatanya saja. Tidak sedikit pula yang sadar akan betapa berjasanya pondok pesantren tersebut akan keberhasilan Indonesia.

Tahukah kamu? Ternyata pesantren merupakan sistem pendidikan asli dari Indonesia dengan segala ciri khasnya, sedangkan sekolah adalah sebuah sistem pendidikan yang diadposi dari penjajah Bangsa Indonesia terdahulu, ya itulah sistem pendidikan Belanda.

Maka sudah sepatutnya kita berbangga diri dan menghargai jasa para kiai pendahulu kita. Mereka dan santrinya telah ikhlas berkorban demi merebut kemerdekaan Indonesia dari para kolonial. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita sadar dan membuka diri terhadap kebenaran yang terjadi.

Oleh karena itu, jangan sampai bangsa ini termakan oleh asumsi yang ingin menjatuhkan Islam melalui buruknya citra pesantren. Dan inilah ragam pesantren yang ada di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing.

1. Pondok Tahfidz

pondoktahfidzaddawa.com
pondoktahfidzaddawa.com
Pondok pesantren ini adalah ponpes yang lagi booming saat ini. Semua orang berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke pondok ini. Karena bukan rahasia umum lagi, banyak ganjaran yang akan didapat jika seorang anak yang shaleh mampu menghafal dan mengamalkan hafalan 30 juznya.

Salah satu hikmahnya bahwa sang orang tua akan mendapat mahkota cahaya di akhirat nanti yang secara otomatis mendapatkan tempat yang sejuk dan damai. Contohnya Ponpes 'Isy karimah-Solo.

2. Pondok Salaf (Tradisional)

pexels.com
pexels.com
Pondok ini adalah pondok yang memiliki tradisi sangat panjang dan cukup kuno. Di pondok ini rata-rata santrinya wajib menggunakan sarung untuk pakaian sehari-hari. Ciri khas lainnya adalah adanya pengajian kitab kuning.

Ponpes ini juga sangat toleran dengan kultur budaya sekitar seperti halnya pembacaan kitab kuning menggunakan bahasa daerah. Contohnya adalah Ponpes Lirboyo-Kediri, Miftahul Huda-Tasikmalaya dan Sidogiri-Pasuruan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN