Mohon tunggu...
Fian Fian
Fian Fian Mohon Tunggu... Si vis pacem, para bellum

Qui ascendit sine labore, descendit sine honore

Selanjutnya

Tutup

Film

Review Film "Blood Diamond" | Di Balik Kilauan Kemewahan Terdapat Darah yang Harus Dibayar

22 Oktober 2019   08:37 Diperbarui: 22 Oktober 2019   10:51 0 0 0 Mohon Tunggu...

Penulis:Charles Leavitt
Sutradara:Edward Zwick
Rumah Produksi:Warner Bros Film
Tahun Rilis:2006
Genre:War
Durasi:2 Jam 23 Menit 21 Detik
Aktor dan Aktris:-Leonardo DiCaprio-Djimon Hounsou
-Jennifer Connelly

Sinopsis Film
Dikisahkan terdapat keluarga di sebuah desa di daerah kecil di Afrika yaitu "Siera Lione". Dengan seorang ayah seorang petani "Soloman Vandy" yang pulang bersama dengan anaknya "Dia". 

Ketika itu, keduanya melihat segerombol pemberontak yang datang ke desa mereka dan langsung melakukan penyerangan yang membabi buta terhadap setiap penduduk, tidak hanya anak kecil, para ibupun ditembak dan dipisahkan dengan anaknya. Ketika itu juga ia berpisah dengan keluarganya dan Vandy akhirnya tertangkap oleh pemberontak dan dipaksa bekerja di pertambangan berlian

Tidak hanya Vandy, para lelaki dewasa dan masuk kriteria untuk menjadi penambang dipaksa untuk bekerja di pertambangan pemberontak.
Ketika itu Vandy menemukan berlian bening yang ia kubur dibawah tanah di pinggir sungai "Kono" sebelum akhirnya dimasukan kedalam penjara oleh tentara pemenerintah. 

Sebelumnya, ia telah tertangkap basah karena terbukti menyelundupkan berlian tersebut oleh seorang pemberontak. Kemudian keduanya bertemu di penjara dan berteriak bahwasannya Solo telah menemukan berlian tersebut.

Di lain sisi seorang tentara bayaran bernama "Danny Archer" mendengar percakapan tersebut yang kemudian ia membebaskan Solo dibantu dengan kekuasaan Kolonel Coetzo. 

Danny membujuk Solo untuk mendapatkan berlian itu dengan iming iming bertemu keluarganya. Adapun anak sulungnya "Dia" telah diculik oleh pemberontak dan dicuci otaknya untuk melawan orang tua dan diajarkan bagaimana menggunakan persenjataan.

Mengingat hal tersebut, Danny memiliki persenjataan ilegal yang berguna untuk melindungi diri dengan membelinya dari seorang bartender di pinggir pantai dengan uang yang ia dapatkan dari penjualan ilegal beberapa berlian. Adapun kota Siera Lione telah dibumi hanguskan dan dikuasai oleh pihak pemberontak "RUF". Mengapa terjadi hal seperti itu?

TIA atau this is Africa merupakan tanah dan benua yang sangat kaya akan sumber daya alamnya baik hayati dan non hayati. Semua orang terutama orang Barat sangat tergiur akan kekayaan Afrika entah itu gading, emas, minyak dan berliannya. Orang Barat telah menghasut beberapa pihak untuk memberontak kepada pemeintah yang sah "adu domba". Dengan dalih pemberontak tersebut akan dibantu persenjaataannya oleh Orang Barat atau dibiayai langsung persenjataan ilegalnya oleh Van de Kaap sebuah perusaahan berlian terbesar di London.

Perusahaan Van de Kaap juga memanfaatkan pemberontak untuk mendapatkan uang dari pertambangan berlian. Mereka akan menaruh berlian tersebut dibawah tanah agar kondisinya aman terjamin dan tetap menjaga harganya dalam nilai tinggi. Adapun hal tersebut membuat Danny harus tewas setelah mendapatkan berliannya. 

Adapun dengan hati nuraninya Danny menyuruh Vandy untuk membawa berlian tersebut kepada penguasa Van de Kaap di London dengan bantuan Bowen, seorang wartawan dari Air Tiles. Bowen diam-diam memata matai bergaining antara Vandy dan Van de Kaap terkait berlian tersebut dan mendokumentasikannya.

Selain itu ia berhasil memupolikasikannya hingga terkuaklah kasus tersebut. Kemudian Vandy sebagai seorang kulit hitam dipersilahkan untuk berbicara didepan uum terkait bagaimana penderitaan di Siera Leone yang ia alami dan kulit hitam lainnya yang saling menyerang dalam perang saudara tersebut karena sebelumnya telah diadu domba oleh Orang Barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x