Mohon tunggu...
Fhathia Avisha
Fhathia Avisha Mohon Tunggu... Dokter - a lifelong learner🌻

sharing random insights through my writing πŸ“

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Think Positive!

31 Januari 2023   16:52 Diperbarui: 31 Januari 2023   17:01 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Think Positive means that you approach all situations even negative/ stressful with a positive outlook. Membiasakan diri berpikir positif memiliki banyak manfaat. Kebiasaan ini membantu diri menjadi pribadi lebih kreatif, clearer thinker, better mood, dan better coping skill.

Allah SWT selalu mengingatkan kita untuk selalu berbaik sangka kepada-Nya. "Aku sesuai prasangka hamba-Ku. Aku bersamannya apabila ia memohon kepada-Ku" (HR. Muslim). Seperti saat berdoa kepada Allah dengan sesuai syarat dan adab seharusnya, kita harus yakin dan tidak pernah meragukan jika Allah SWT akan mengabulkan doa-doa kita. Bentuk pengabulan doa bisa jadi dikabulkan sesuai harapan, Β atau bisa saja ditunda dan diselamatkan darinya.

Rasulullah SAW juga selalu mencontohkan kebiasaan berpikir positif selama perjuangan beliau menyebarkan Agama Islam. Kita tahu perjuangan beliau tidak mudah. Namun, beliau selalu gigih dan tidak pernah menyerah. Rasulullah Β SAW yakin ada Allah SWT tempat memohon dan berserah.

Seperti dalam salah satu buku disebutkan bahwa "Otak kita itu pabrik pikiran yang menghasilkan berbagai macam pikiran. Kekuatan positif dapat membuat kita berpikir untuk menang, sedangkan kekuatan negative akan membuat kita berpikir untuk gagal.

Beberapa tips dan trik yang dapat dicoba untuk menjadi pribadi yang selalu positive thinking:

  • Belajar menerima diri sendiri dan Practice Possitive Self-Talk, Menerima segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dan fokus untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.
  • Memiliki cycle yang positif, Lingkungan sekitar akan berkontribusi membangun pola pikir kita. Memiliki teman yang positive vibes akan membantu kita tumbuh menjadi pribadi yang positif juga.
  • Berani mencoba hal baru dan tidak takut gagal, Belajar menghadapi kegagagalan merupakan salah satu upaya dalam membangun mental yang positif dan tidak cepat menyerah.
  • Keluar dari comfort zone, Belajar adaptasi dengan lingkungan dan budaya baru, memiliki teman-teman baru. Berani keluar dari zona nyaman akan mampu membantu upgrade diri."Growth happens outside of your comfort zone"
  • Bersifat optimis dan realistis
  • Selalu bersyukur, "Ingatlah kepada-Ku niscaya Aku ingat kepadamu & bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku," (QS. Al-Baqarah: 152)
  • Tidak overthinking, Kebiasaan OVT akan merugikan diri sendiri dan menguras energi. Kebiasaan OVT harus dihindari. Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Kita harus berusaha secara maksimal untuk membiasakan diri dan konsisten menjadi pribadi yang berpikir positif. Β It means that you approach the good & the bad in life with the expectation that things will go well. Β Keep practicing! you can add more positive thoughts to your life and enjoy the benefits that will come.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun