Mohon tunggu...
Fhathia Avisha
Fhathia Avisha Mohon Tunggu... Dokter - a lifelong learner🌻

sharing random insights through my writing πŸ“

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

The Special Rewards of Fasting in Islam

28 Januari 2023   11:51 Diperbarui: 28 Januari 2023   12:53 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibadah puasa memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Selama berpuasa kita belajar bersabar menahan haus, lapar, emosi, menjaga lisan dan menjaga pikiran. Selain itu puasa merupakan salah satu amalan yang mampu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Rasululullah bersabda

"Puasa bukan hanya menahan makan & minum saja. Puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats (segala perbuatan dan perkataan yang sia-sia dan keji) " (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

Salah satu ibrah yang dapat kita ambil dari kebiasaan puasa adalah dari Kisah Abu Thalhah al-Anshari yang selalu rajin berpuasa semasa hidupnya. Pada masa kepemimpinan Khalifah Ustman Bin Affan, Abu Thalhah ikut berjihad dan meninggal dalam keadaan sahid. Kaum muslim pun berusaha mencarikan pulau untuk memakamkan jasadnya, setelah perjalanan 7 hari mereka akhirnya menemukan pulau tersebut. Meskipun 7 hari lamanya, jasad Abu Thalhah masih utuh, dan seolah-olah hanya seperti orang yang sedang tidur.

Salah satu kemuliaan lain dari ibadah puasa adalah memiliki kesempatan masuk surga melalui pintu Rayyan. Rasul SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga itu ada sebuah pintu yang disebut pintu "ar Rayyan". Dari pintu ini masuklah semua orang yang berpuasa besok pada hari kiamat. (HR Bukhari & Muslim)

Puasa merupakan ibadah yang sangat istimewa, karena amalan puasa ini dikhususkan untuk Allah SWT, Β Allah sendiri yang akan menghitungnya. Dalam hadits disebutkan "Setiap amalan manusia adalah untuknya. Kecuali amalan puasa itu untuk Allah dan Dia yang nanti akan membalasnya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Beberapa keutamaan puasa:

  • Jalan menuju ketakwaan
  • Mendapatkan ampunan Allah SWT
  • Puasa melatih kesabaran dan mental, Puasa itu setengah sabar (HR. Tirmidzi)
  • Puasa mencegah perbuatan tercela
  • Puasa menyehatkan, Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Berpuasalah niscaya kalian akan sehat." (HR. al-Thabrani)
  • Puasa membantu mengurangi stress, karena saat berpuasa maka hati dan pikiran akan lebih terjaga.
  • Puasa meningkatkan daya ingat

Beberapa tips dan trik saat berpuasa:

  • Mantapkan niat terlebih dahulu salah satunya dengan mempelajari keutamaan dan hikmah dari puasa
  • Selalu biasakan makan sahur karena sahur memiliki banyak keutamaan. "Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan" (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi
  • Mengajak lingkungan untuk berpuasa bersama. Karena memiliki teman saat puasa sunah itu membuat lebih semangat dan meningkatkan motivasi.

Semoga dengan mengetahui sedikit keutamaan dan hikmah puasa, kita dapat termotivasi untuk lebih rajin untuk berpuasa sunah.Β 

"Berlomba-lombalah dalam kebaikan" ( QS. Albaqarah:148).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun