Mohon tunggu...
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜…
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜… Mohon Tunggu... Administrasi - Anti Fraud Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐š๐ง๐š ๐€๐ฐ๐š๐ซ๐ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ "๐“๐ก๐ž ๐๐ž๐ฌ๐ญ ๐ˆ๐ง ๐’๐ฉ๐ž๐œ๐ข๐Ÿ๐ข๐œ ๐ˆ๐ง๐ญ๐ž๐ซ๐ž๐ฌ๐ญ" ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ ๐…๐ซ๐š๐ฎ๐ ๐—”๐—ฐ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜€๐˜/๐—ช๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ. ๐ˆ๐†: @๐Ÿ๐ž๐ฒ๐๐จ๐ฐ๐ง๐ฐ๐ฌ๐œ_๐จ๐Ÿ๐Ÿ๐ข๐œ๐ข๐š๐ฅ ๐‘ด๐’†๐’๐’†๐’•๐’‚๐’‘ ๐’…๐’Š ๐’Œ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ท๐’†๐’“๐’•๐’‰, ๐‘พ๐’†๐’”๐’•๐’†๐’“๐’ ๐‘จ๐’–๐’”๐’•๐’“๐’‚๐’๐’Š๐’‚ ๐„๐ฆ๐š๐ข๐ฅ : ๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฌ๐œ๐š๐ฆ@๐ ๐ฆ๐š๐ข๐ฅ.๐œ๐จ๐ฆ ๐…๐ ๐๐š๐ ๐ž : ๐–๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š ๐’๐œ๐š๐ฆ๐ฆ๐ž๐ซ ๐‚๐ข๐ง๐ญ๐š ๐Ÿ‘

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hati-Hati Website Perusahaan Kargo Abal-Abal Buatan Scammer Nigeria

12 Juli 2020   21:55 Diperbarui: 4 Juni 2021   01:12 857
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hati-Hati Website Perusahaan Kargo Abal-Abal Buatan Scammer Nigeria (unsplash/pickawood)

Mohon hati hati sekarang ini scammer Nigeria semakin merajalela. ย Untuk mendukung aksi tipu tipu, ย mereka ย membuat website perusahaan kargo abal abal. Modusnya hadiah akan dikirim melalui kargo tersebut.ย 

Tujuan agar perempuan yang akan jadi mangsa semakin percaya bahwa kiriman hadiah benar adanya. Ditambah pelaku memberikan link dan nomor tracking, tentu saja bagi yang masih lugu akan senang sekali.

Baca juga : Waspada Akun Instagram Anda Diambil Alih Scammers

Photo kiriman X |Koleksi pribadi
Photo kiriman X |Koleksi pribadi
Biasanya scammer memancing dengan photo tampan dan pamer jabatan. ย Jika target mudah didekati dan diajak pacaran online. Maka mulailah pelaku menjalankan aksi. Pura pura ingin mengirim ย hadiah mewah sebagai tanda serius.ย 

Baca juga : Menulis Artikel Kejahatan Love Scam adalah Panggilan Jiwa

Waspadalah itu salah satu taktik licik scammer! ย Nanti akan ada yang mengaku dari pihak bandara dan meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan. ย Hadiah cuma gambar dan setelah anda habis habisan maka pelaku dan komplotan menghilang.

IG palsu @danieltsang007
IG palsu @danieltsang007
Hari ini saya mendapat pesan dari seorang wanita sebut saja X :ย 

" Selamat Siang Bunda Fey, saya sepertinya akan menjadi korban scammer. Bagaimana cara saya untuk tidak terjebak penipuan lebih lanjut?
Saya sudah terima pertemanan dan dia sedang mengirimkan sesuatu ke saya katanya surprise kecil bentuk komitmennya. Di dalam paket ada uang sebesar $1K untuk mengurus custom clearance. Saya agak curiga sebenarnya pada saat saya minta dikirimkan video dan voice note, koq ย suaranya berbeda jauh dan katanya dia tinggal di Amerika tapi koq bisa tahu ada gempa di Indonesia. Untungnya aku baca artikel bunda di Kompasiana ย sebelum aku diperas. Aku malu banget sudah kepedean didekati cowok ganteng gitu. Untung aku masih dilindungi Tuhan, langsung aku blok tuh orang. "

Baca juga : Surat Cinta dari Malaysia, Mendukung Kami Melawan Scammers!

Untung selamat dari jebakan scammer Nigeria yang pura pura mau kirim hadiah. Walau sadarnya agak terlambat karena X sudah mengirim alamat rumah.

Data data scammer :ย 

  • Akun IG @danieltsang007
  • No Hp : +1 469 299 9063 ( gratisan dari aplikasi )ย 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun