Mohon tunggu...
Fetiyanti
Fetiyanti Mohon Tunggu... Duta Besar - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup bukanlah kartun musikal,dimana kau bernyanyi dan mimpimu menjadi nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Kognitif Anak Menurut Lev. Vygotsky

9 April 2021   21:46 Diperbarui: 9 April 2021   21:49 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr.wb. disini penulis akan membahas tentang perkembangan kognitif anak menurut lev. Vygotsky. Apakah teman-semuanya sudah tau ? Nah kalau teman-teman semuanya belum tau yuk mari disimak pembahasan di bawah ini.

     Teori Lev. Vygotsky ini membahas tentang perkembangan anak, sama seperti pada teori yang sebelumnya yaitu teori Jean Piaget ya bun. Namun pada teori Jean Piaget ini perkembangan anak dapat kita ketahui melalui tahapan dan juga kemampuan-kemampuan yang anak punya mulai dari sensorik motorik, Pra-operasional, operasional konkret dan juga operasinal formal ya bun.

     Nah sedangkan teori Lev. Vygotsky ini keterampilan-keterampilan dalam keberfungsian mental itu berkembang melalui interaksi sosial langsung ya bun. Informasi tentang alat, keterampilan-keterampilan dan juga hubungan interpersonal kognitif ini dipancarkan melalui interaksi langsung dengan manusia.

Vygotsky ini membedakan diantaranya, yaitu : 

A. Aktual Development Zone (ADZ)

     Nah aktual Development ini ditentukan apakah seorang anak tersebut dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa atau guru. 

B. Potensial Development Zone (PDZ)

     Sedangkan yang potensial Development ini membedakan apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu, memecahkan masah di bawah petunjuk orang dewasa ataupun bekerja sama dengan teman sebaya.

(*) Zone of Proximal Development (ZPD)

      Pada zona perkembangan proximal ini adalah istilah Vygotsky yaitu untuk rangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak seorang diri tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dan bimbingan orang dewasa atau anak-anak yang sudah terlatih. Kemudian batas bawah dari tingkat ZPD yaitu tingkat keahlian yang dimiliki oleh seorang anak yang bekerja secara mandiri. Sedangkan batas atas adalah tingkat tanggung jawab tambahan yang dapat diterima oleh anak dengan bantuan oleh aeorang instruktur.

     Nah maksut dari ZPD ini yaitu menitik beratkan ZPD pada interaksi sosial akan dapat memudahkan perkembangan anak, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun