Mohon tunggu...
Fery Gunawan
Fery Gunawan Mohon Tunggu... Supir - S1

Hoby football

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh dan Peran Ekuitas Merek Dagang terhadap Loyalitas Konsumen

7 Desember 2022   19:48 Diperbarui: 7 Desember 2022   20:13 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut Hasan, Merek adalah suatu hal yang paling penting dalam pemasaran, merek yang dibeli oleh konsumen adalah merek yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak sama dengan merek-merek lainnya. Merek melekat dalam persepsi pelanggan, sehingga persaingan yang terjadi ialah pertarungan persepsi merek diatas pertarungan produk. 

Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis perlu meningkatkan kekuatan yang ada di dalam perusahaan dengan memunculkan perbedaan atau hal unik yang dimiliki perusahaan sebagai strategi pemasaran agar ekuitas merek dapat di pertahankan dan tetap terjaga. 

Ekuitas merek dianggap sebagai konsep manajerial, seperti asset intangible financial dan konsep hubungan berbasis pelanggan dari perspektif konsumen tersendiri. Nilai ekuitas merek ditentukan oleh 4 (empat) dimensi, yaitu brand awareness (kesadaran merek), perceived quality (persepsi kualitas), brand association (asosiasi merek) dan brand loyalty (loyalitas merek). 

Dari empat dimensi tersebut memiliki kedudukan dan arti yang sangat penting dan dapat dijadikan potensi untuk memenangkan persaingan.

Secara umum, empat dimensi tersebut memberikan masing-masing pengaruh yang sangat baik terhadap loyalitas konsumen seperti :

1. Brand Awareness terhadap Loyalitas Konsumen
Dari dimensi ini berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen karena adanya faktor kesadaran merek sebuah produk yang menunjukkan bahwa kesadaran merek pada konsumen akan menciptakan daya minat untuk membeli kembali yang kemudian akan meningkatkan terjadinya loyalitas konsumen.

2. Perceived Quality terhadap Loyalitas Konsumen
Dari dimensi ini memberikan hasil yang signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen dikarenakan keseluruhan kualitas dan keunggulan suatu produk dan jasa sangat diharapkan oleh konsumen.

3. Brand Association terhadap Loyalitas Konsumen
Sama seperti dimensi sebelumnya, Brand Association sendiri memiliki pengaruh yang sangat baik dan signifikan dikarenakan dimensi ini berkaitan dengan ingatan konsumen mengenai sebuah merek, selain itu brand association tidak hanya eksis tetapi juga memiliki tingkat kekuatan.

4. Brand Loyalty terhadap Loyalitas Konsumen
Brand Loyalty sangat berpengaruh untuk loyalitas konsumen, dikarenakan bahwa seorang konsumen telah loyal dengan suatu merek maka konsumen tersebut akan melakukan pembelian beruang yang kemudian terjadinya loyalitas konsumen.

Ekuitas Merek tidak hanya memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen, tetapi ekuitas merek pun memiliki peranan yang menambah nilai potensi bagi perusahaan. Berikut beberapa peran ekuitas merek :

1. Ekuitas Merek dapat menguatkan program untuk mengikat para konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun