Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Administrasi - Berharap memberi manfaat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penikmat Aksara, Musik dan Tontonan. Politik, Ekonomi dan Budaya Emailnya Ferywidiamoko24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Sistem Bank Mandiri Error, Saldo Anda Berkurang Atau Bertambah?

20 Juli 2019   12:40 Diperbarui: 20 Juli 2019   13:05 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Tribunnews.com

Hari ini Sabtu tanggal 20 Juli 2019, 10% nasabah Bank Mandiri terkena dampak kerusakan sistem yang tengah terjadi. Tiba-tiba tanpa melakukan transaksi apapun rekening mereka berubah dengan sendirinya.

Pihak Bank Mandiri telah mengkonfirmasi hal tersebut, dan menyatakan permintaan maafnya. Seperti yang diungkapkan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, "Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi eror pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri," katanya

Sebelumnya beberapa nasabah menyampaikan keluhannya melalui akun media sosial Twitter yang dimilikinya. Mereka kebingungan karena tetiba saldo rekening mereka berubah secara drastis, ada yang bertambah dan ada juga yang berkurang. Bahkan di Pekanbaru Riau beberapa nasabah mendatangi kantor cabang Bank Mandiri di kota tersebut.

Ada seorang nasabah yang tadinya saldo di rekeningnya berjumlah Rp.15 juta tiba-tiba begitu dia mau ambil uangnya di ATM, saldonya menjadi 0 rupiah. "Saya tadi sama istri mau narik uang. Begitu transaksi tarik tunai, ATM minta maaf. Maaf, saldonya kosong. Gitu katanya. Tentu cek saldo lihat mutasi, enggak ada juga. Positif ada masalah, langsung ke sini (Bank Mandiri)," kata Andika  seorang warga Pekanbaru yang merupakan nasabah Bank Mandiri tadi pagi. Namun ketika di cek langsung lewat komputer di bank tersebut saldo di rekeningnya masih tetap ada dengan junlah yang sama.

Di media sosial lebih ramai lagi, salah satunya pemilik akun twitter Ismail Al Anshori mengunggah twittan seperti ini.

Sumber: akun twitter Ismail Al Anshori
Sumber: akun twitter Ismail Al Anshori

Dalam captionnya dia menulis."Gaes,@bankmandiri kagi error yah, rekening gw tiba2 bertambah 95 juta

Semoga masalah ini bisa segera beres" cuitnya

Akun twitter atas nama Eka Mustikasari @ekakunjeri menyatakan hal yang sama namun berbeda dengan yang pertama, ia kehilangan uangnya, "Mandiri sedang error ya, saldoku tiba2 hilang. Saldo suami bertambah, tapi ndak bisa tarik tunai. Ada apa yaa"tulisnya

Dan banyak akun lain yang menginformasikan hal yang sama. Walaupun kejadian itu sempat membuat khawatir namun pihak Bank Mandiri menjamin bahwa kesalahan sistem ini akan segera bisa di atasi tanpa merugikan nasabahnya.

Menurut Rohan Corsec Bank Mandiri saldo nasabah akan normal kembali dalam 2-3 jam karena setiap ada perubahan sistem selalu ada back-up, dan transaksi di seluruh ATM Mandiri bisa kembali dilakukan.

Mandiri tengah melakukan pengecekan di sisi mana terjadi keslahan sistemnya, apa karena sofwarenya atau hardwarenya namun" Kami akan memperbaiki itu by system dalam 2 jam," ujarnya. Jika dalam 2 jam kerusakan sistem itu tidak berhasil diperbaiki dan rekening nasabah bertambah atau berkurang tidak sesuai dengan saldo rekening awal milik mereka, maka Mandiri akan membuka saluran-saluran lain seperti call center, lewat berbagai akun Medsos Bank Mandiri seperti Instagram, Twitter dan lain sebagaiannya. "Kami akan memperbaiki by sistem agar kembali ke sedia kala," tegasnya.

Bank Mandiri berharap masyarakat tidak perlu panik dan terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar. Mereka mempersilahkan nasabahnya mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. "Sekali lagi kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan.

Semoga Bank Mandiri bisa segera menyelesaikan masalah ini, agar masyarakat bisa tenang. Dan diharapkan mereka mau transparan atas kejadian ini, apa masalah sebenarnya. Jangan demi citra membohongi masyarakat. Dan satu hal lagi jangan masalah ini menjadi sumber kegaduhan baru di masyarakat.

Sistem itu kan harus terus diaudit dan diawasi jangan sampai hal seperti itu terus berulang.

Sumber.

CNBC Indonesia

Kompas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun