Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

SR017, Sukri Terbaru Pemerintah, Investasi Aman dan Nyaman dengan Imbal Hasil yang Menarik

18 Agustus 2022   06:34 Diperbarui: 18 Agustus 2022   06:39 318 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dab Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) kembali menawarkan Sukri.

Sukri itu bukan nama seseorang, tetapi Sukuk Ritel Indonesia yang merupakan bagian Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang ditawarkan khusus bagi investor individu atau ritel dalam negeri.

Sukri  terbaru dengan seri SR017 tersebut akan ditawarkan Pemerintah mulai tanggal 19 Agustus 2022, besok  Pukul 09.00 hingga 17 September 2022 Pukul 10.00 ini bisa didapatkan melalui mekanisme e-SBN.

Mengutip Situs DJJPR Kemenkeu, SR017 merupakan surat utang negara tanpa warkat dan dapat diperdagangkan kembali di pasar sekunder. Sukuk ini memiliki masa jatuh tempo atau tenor selama 3 tahun dengan imbal hasil yang cukup menarik yakni sebesar 5,90 persen per tahun.

Apabila berminat, cukup siapkan dana minimal Rp.1 juta rupiah saja hingga maksimal Rp. 5 milyar untuk dapat menebus SR017 yang memiliki nilai nominal per unitnya Rp. 1.000.0000.

Imbal hasil atau dalam terminologi surat utang negara biasanya disebut kupon akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya.

Namun, jika tanggal 10 tersebut jatuh pada hari libur, maka kuponnya akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

Apabila  kemudian kita ingin menjual kembali SRO17 tersebut di pasar sekunder karena sesuatu hal, pemegang surat berharga tersebut harus menunggu selama 3 bulan terhitung sejak pembayaran kupon pada bulan pertama, yakni setelah tanggal 10 Desember 2022.

Dengan demikian si Sukri ini baru bisa diperdagangkan di pasar sekunder mulai tanggal 11 Desember 2022.

Karena ini surat berharga syariah, tentu saja SR017 memiliki aset dasar yang berupa barang milik negara dan berbagai proyek pemerintah pada APBN 2022.

Dengan berinvestasi di instrumen keuangan ini investor ritel dalam negeri bukan hanya akan mendapatkan keuntungan berupa kupon yang besarannya sangat menarik dengan keamanan setara dengan deposito dibank, karena di jamin Undang-Undang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan