Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Simpang Siur "Pesan Zelensky Kepada Putin Melalui Jokowi," Siapa Berbohong?

4 Juli 2022   07:00 Diperbarui: 4 Juli 2022   07:40 1891 30 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jujur saja, saya kaget saat membaca berita yang dilansir Kompas.com Sabtu, 02 Juli 2022 dengan judul berita " Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan Ke Jokowi untuk Putin"

Walaupun kemudian redaksi Kompas.Com meralat dan mengganti judul berita tersebut menjadi "Pesan Tak Tertulis Zelensky untuk Putin Melalui Jokowi"

Meski demikian, judul awal berita tersebut sudah tersebar luas dan di-capture serta di kutip dan di re-post oleh berbagai pihak dengan caption yang menyatakan seolah Presiden Jokowi telah melakukan kebohongan terkait hasil pembicaraannya dengan Zelensky.

Entah yang salah siapa, yang jelas terjadi kesimpangsiuran terkait "pesan Zelensky kepada Putin melalui Jokowi"

Kompas.Com mungkin tidak salah, karena dengan jelas mengutip ucapan Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina Serhii Nikiforov yang dilansir oleh media lokal Ukraina, Ukrainska Pravda dan dikutip juga oleh media Rusia, TASS.

Nikiforov dengan jelas menyatakan,  jka Presiden Zelensky ingin mengucapkan sesuatu kepada Putin, dia bisa mengungkapkannya secara terbuka dalam pidato harian, tak perlu dititipkan kepada pihak lain.

Selanjutnya, Nikiforov menambahkan bahwa topik pembicaraan utama saat Jokowi bertemu Zelensky adalah blokade pelabuhan Ukraina yang membuat ekspor biji-bijian terganggu.

Padahal kita tahu dan mungkin seluruh dunia tahu, seperti dilansir oleh sejumlah media Nasional maupun Internasional, Jokowi dalam konferensi Pers bersama di Istana Kepresidenan Ukraina di  Kyiv dengan Presiden Zelensky.

Presiden Jokowi mengaku menawarkan diri untjk membawa pesan Zelensky kepada Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujar Presiden Jokowi, seperti yang saya kutip dari Detik.com.

Setibanya di Rusia dan bertemu Presiden Putin, diakhir pertemuannya kedua pimpinan negara tersebut mengadakan Konferensi Pers di Kremlin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan