Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Bens Leo dan Majalah Aktuil Bagian dari Sejarah Musik Indonesia

30 November 2021   13:41 Diperbarui: 30 November 2021   22:04 193 20 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Musik dan Bens Leo seperti 2 sisi mata uang yang tak terpisahkan, nyaris seluruh hidupnya didedikasikan oleh pria bernama asli Benedictus Hadi Utomo ini untuk dunia musik.

Bukan sebagai pemusik, penyanyi, atau impresario, ia seorang jurnalis musik.  Karena kedalamannya dalam memahami perkembangan musik terutama di tanah air, Bens Leo dianggap sebagai ensiklopedia berjalan dunia musik Indonesia.

Profesi sebagai jurnalis musik semisal yang ditekuni Bens Leo selama ini, seperti kesepian di tengah keriuhan. 

Memang musik penuh dengan gemuruh nada, lengkingan suara dan riuhnya tepuk tangan.

Namun kerja dalam mendokumentasikan jalannya hingar bingar musik menjadi teks berada dalam jalur keheningan. 

Ia dituntut mampu menerjemahkan hingar-bingar suara tersebut menjadi rangkaian kata yang dapat dibaca, untuk kemudian dipahami sekaligus menjadi arsip bagi pengetahuan musik itu sendiri.

Menjadi jurnalis musik itu seperti paradoks, yang menempatkan dirinya pada dua kutub kesadaran yang saling tarik menarik. 

Ia hadir dalam sebuah peristiwa dan pertunjukan musik, di kala penonton lain menikmati suguhan musik, eh ia malah berpikir bagaimana cara menyampaikan apa yang ia lihat dan nikmati tersebut agar bisa disampaikan melalui teks kepada para pembacanya.

Dan ingat, seperti yang saya kutip dari tulisan Aris Setiawan Dosen Etnomusikologi ISI Surakarta  di Harian Kompas, membahasakan atau menuliskan peristiwa musik bukanlah perkara mudah.

Kalimat-kalimat yang ada haruslah mewakili atas fenomena yang diamatinya, terutama di ranah etnografi pertunjukan musiknya.

Sependek pengetahuan saya, hanya sedikit sekali jurnalis musik di Indonesia yang sangat dalam memahami dan mengetahui perjalanan serta perkembangan musik Indonesia, salah satunya ya Bens Leo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan